Informasi Kuota Haji Pastikan dari Sumber Terpercaya

Semarang (PHU) – Adanya informasi resmi terkait dengan informasi penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2022 M/1443 H, dimana Pemerintah Arab Saudi mengizinkan 1 juta jemaah dapat beribadah haji di tahun ini.

“Arab Saudi sudah memberikan kabar positif, dimana total jemaah yang akan berhaji tahun ini sebanyak 1 juta orang yang berasal dari dalam dan luar Arab Saudi,” terang Abdul jalil selaku Subkoordinator Seksi Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi Haji pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah.

“Meskipun dengan beberapa ketentuan, dimana haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia dibawah 65 tahun,” imbuh Jalil saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (13/04).

Jalil juga menambahkan bahwa jemaah yang berusia dibawah 65 tahun juga diwajibkan sudah menerima vaksinasi Covid-19 yang telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi.

“Ketentuan yang lain yaitu bagi jemaah yang berasal dari luar Arab Saudi wajib menyerahkan hasil test PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi,” katanya.

Jalil mengingatkan bahwa hingga saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi terkait kuota jemaah yang akan diberikan di tahun 2022.

“Semoga kepastian terkait kuota keberangkatan jemaah dapat segera diumumkan,” ucapnya.

“Saya berharap agar seluruh jemaah tetap semangat, dan terus berdoa selama bulan Ramadan ini agar informasi kuota haji untuk Indonesia tahun ini segera diketahui,” tegas Jalil.

Selanjutnya, Jalil juga berpesan agar masyarakat dapat mengakses informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 dari sumber resmi dan terpercaya.

“Pastikan informasi haji berasal dari sumber resmi Pemerintah, masyarakat dapat mengakses informasi dengan mengikuti media sosial dari Kementerian Agama, Ditjen PHU maupun Kanwil,” kata Jalil.

“Atau dapat berkonsultasi langsung dengan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk mendapatkan informasi terbaru dalam hal penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” pungkasnya.(vd/Sua).