Ini Dia Adab Terhadap Teman Yang Harus Ditiru

Banjarnegara – Manusia hidup sebagai makhluk sosial sehingga harus menjaga hubungan baik dengan sesamanya atau hablum minannas. Itulah pesan yang disampaikan oleh Devi Sifana perwakilan OSIM melalui kultumnya pada Rabu, (20/4/22).

Bertempat di masjid Darul Ulum MTs N 1 Banjarnegara, wanita yang akrab disapa Devi ini mengatakan salah satu hubungan sosial dalam kehidupan kita adalah pertemanan.

“Dalam Islam, teman harus diperlakukan dengan baik sesuai adab yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dalam kultum yang akan saya sampaikan, berikut ada beberapa adab berteman yang membuat Rasul begitu dicintai oleh para sahabatnya” terang Devi kepada siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara.

Yang pertama, Devi menyebut ada 3 adab dalam pergaulan. Yang pertama bergaul dengan mukmin.

“Sebaiknya kita berteman dekat dengan orang mukmin. Ingatlah bahwa teman dekat sangat mempengaruhi karakter kita nantinya. Rasul sendiri telah menyarankan agar kita dekat dengan mukmin.” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertakwa,’ (HR. Abu Daud no. 4832 dan Tirmidzi no. 2395.)

Dan yang kedua Devi menyebut bahwa adab pertemanan itu selalu berkata baik, “Ketika kita berbicara dengan teman, hendaknya gunakanlah perkataan yang baik. Berkomunikasilah dengan tutur kata yang lembut dan penuh kasih sayang.” tandasnya.

Dan yang terakhir adalah saling menasihati. Sebab Devi menilai bahwa dalam suatu pertemanan yang baik adalah saling menasihati satu sama lain. Hal itu berguna untuk saling mendapatkan solusi.

“Salah satu adab berteman yang baik yang saat ini banyak ditinggalkan adalah saling menasihati. Sebagai seorang muslim yang baik, hendaknya kita saling mengingatkan dan menasihati. Saling menasihati juga merupakan perintah Allah SWT yang termaktub dalam Al Quran.” tutupnya. (ran/rf)