Jelang Ujian Sekolah, SDN Pedurungan Kidul 02 Gelar Istighosah dan Doa Bersama

Semarang – Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan istighosah SDN Pedurungan Kidul 02 kali ini, biasanya kegiatan dilaksanakan di sekolah, namun tidak pada Kamis (14/4), acara digelar di Masjid Jami’ Al-Hidayah yang berlokasi di sebelah sekolah.

Takmir Masjid Jami’Al-Hidayah, sangat senang dan menyambut baik kegiatan Istighosah dan doa bersama yang diadakan di masjidnya.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, karena bisa menjadi syiar Islam dan juga memakmurkan masjid,” tutur Agus Fatkurrosat selaku takmir Masjid Jami’ Al-Hidayah yang juga menjabat Ketua Komite SDN Pedurungan Kidul 02.

Ia pun bertindak selaku imam dalam shalat dhuha berjamaah yang dilaksanakan sebelum pembacaan istighosah dan doa bersama.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik yang duduk di bangku kelas 6.

Pada kesempatan tersebut Agus Fatkhurrosat menyampaikan pentingnya shalat dhuha dan juga tata cara melaksanakannya.

Sedangkan untuk acara doa bersama, diisi oleh Rahmat Sarjito Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) SDN Pedurungan Kidul 02, yang mengawalinya dengan pembacaan sholawat kubro dan dilanjutkan bacaan Istighosah.

Doa istighosah dipimpin dengan khusyuk oleh H.M. Faojin Pengawas PAI Madya Kecamatan Pedurungan.

Dalam keadaan suci, di tempat yang suci dan di bulan yang suci ini, H.M. Faojin mengajak jamaah istighosah untuk fokus berdoa berharap kesuksesan dalam menempuh ujian sekolah bagi peserta didik guna melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta memohon kesuksesan pula bagi orang tua.

Kegiatan dilanjutkan dengan mushafahah siswa kepada orang tua yang ikut hadir pada kegiatan tersebut. Suasana menjadi haru dan mengetuk hati setiap insan yang ada disana untuk ikut menitikkan air mata dengan berjuta pengharapan akan kesuksesan para peserta didik.

Pada kesempatan ini, H.M. Faojin menyampaikan pesan moral kepada peserta didik untuk tidak pernah meninggalkan shalat, dan selalu bersabar dalam menghadapi berbagai persoalan atau kesulitan yang dihadapi. “Dan jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu,” tuturnya.

Pada bagian berikutnya, Rini Kustyowati F, Kepala SDN Pedurungan Kidul 02 ikut menyampaikan pesan kepada anak didik untuk selalu menjaga kesehatan, dan tak lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kelancaran selama menjalankan ujian sekolah.

Turut hadir Pengawas TK/SD/SDLB Dabin 6, Purwanto, mewakili Satpend Kec.Pedurungan ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada bapak/ibu guru dalam penyelenggaraan acara istighosah tersebut.

Ia juga menuturkkan bahwa pendidikan yang utama adalah pendidikan keagamaan, karena sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 yaitu tentang Membentuk Manusia yang Beriman dan Bertaqwa.

Kegiatan ini tidak hanya sebatas berdoa bersama saja, namun melatih peserta didik untuk berinfak dan bersedekah juga, dengan mengisi kotak amal masjid yang peruntukkannya untuk kemaslahatan masjid.(Rahmat Sarjito/Faojin/NBA/bd)