Kegiatan Ramadhan 1443 H di MTs Negeri 1 Kota Semarang

Semarang, Bulan Ramadhan telah hadir kembali di tengah-tengah kaum muslimin, tak ubahnya warga MTs Negeri 1 Kota Semarang yang ingin mengharap berkah di bulan yang mulia ini. Dalam mengawali pembelajaran di bulan Ramadhan kali ini, MTs Negeri 1 Kota Semarang mengadakan serangkaian kegiatan Ramadhan, diantaranya tadarus Al-Qur’an, pesantren Ramadhan, dan zakat. Kegiatan dimulai tanggal 05 April 2022, diawali dengan tadarus Al-Qur’an bersama antara guru, pegawai, dan peserta didik kelas VII dan VIII, karena kelas IX sudah selesai menempuh UM.

Kepala Madrasah, H. Kasturi, dalam kesempatan kali ini mengatakan bahwa dengan adanya tadarus bersama di MTs Negeri 1 Kota Semarang di bulan Ramadhan, selain untuk meningkatkan ibadah membaca Al-Qur’an juga untuk melatih anak-anak agar bacaan Al-Qur’annya semakin lancar.

“Lebih dari itu dengan rajin membaca Al-Qur’an sinar cahaya hati seseorang akan semakin terang sehingga akan mempengaruhi perilakunya dalam kehidupan nyata. Apalagi jika membaca Al-Qur’an dengan mengetahui maknanya, tentu akan lebih mengamalkannya. Semoga kita semua selalu mendapat cahaya Al-Qur’an,” tutur Kasturi kepada Humas pada Senin (4/4/2022) di lingkungan madrasah setempat.

Di tempat lain, Hj. Muta’alimah selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa ada 3 kegiatan Ramadhan 1443 H yang dilaksanakan oleh warga MTs Negeri 1 Kota Semarang kecuali kelas IX, yaitu kegiatan tadarus, pesantren Ramadhan, dan kegiatan zakat.

“Ketiga kegiatan ini sangat bermakna dalam menjunjung tinggi kemuliaan di bulan suci Ramadhan. Tadarus Al-Qur’an merupakan bentuk mencintai kitab suci sebagai pedoman hidup umat Islam. Pesantren Ramadhan sebagai pembelajaran dan pelatihan bagi peserta didik untuk memaknai bulan Ramadhan yang penuh rahmah, bulan puasa, dan bulan ibadah. Sedangkan kegiatan zakat bermaksud melatih mereka untuk dapat melaksanakan tata cara berzakat dari bacaan niat sampai pendistribusian zakat, selain memahamkan peserta didik bahwa dengan berzakat fitrah untuk menyucikan harta karena sebagian harta ada hak orang lain,” tuturnya.

Waka Kesiswaan, Hj. Rohmah Nuryati menambahkan bahwa jadwal kegiatan Ramadhan disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadhan yang disusun oleh Waka Kurikulum berdasarkan pemenuhan jam mengajar sebanyak 32,5 jam.

Tadarus dimulai pukul 06.45 waktu setempat, dilanjutkan dengan pembelajaran yang dimulai pukul 07.00.

Ia menuturkan pula bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan akan dimulai tanggal 11 April dan berakhir pada 18 April 2022, dan madrasah telah menyiapkan materinya.

“Di akhir Ramadhan kami akan melaksanakan kegiatan pengumpulan zakat yang pendistribusiannya diutamakan bagi keluarga madrasah dan masyakat sekitar madrasah yang berhak menerimanya,” jelas Rohmah.

Kegiatan Ramadhan di MTs Negeri 1 Kota Semarang memberikan suasana berbeda, suasana madrasah lebih agamis, syahdu, dan damai.

“Guru yang tidak memiliki jam mengajar di jam pertama, dan pegawai yang sedang tidak sibuk, bertadarus di mushala, sedangkan peserta didik melakukan tadarus di kelas masing-masing dengan didampingi oleh guru jam pertama,” jelas Rohmah. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar sampai selesai dan membawa keberkahan bagi semua, khususnya warga MTs Negeri 1 Kota Semarang. Kegiatan seperti ini juga merupakan usaha menuju madrasah mandiri dan berprestasi,” pungkasnya. (Humas Emtessa/bd)