Kemenag Kota Semarang Ikuti Rakor Persiapan Mudik Idul 1443 H Secara Virtual

Semarang, Dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1443 H di masa pandemi Covid-19, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang gelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral pada Kamis (14/4/2022).

Rachmad Pamudji selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang mengikuti kegiatan dimaksud bersama perwakilan dari masing-masing dinas terkait.

“Tadi yang mengikuti rakor ada dari Kodim 0733/BS, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN), Badan SAR Nasional Kota Semarang dan PT. Pertamina MOR IV Jateng dan DIY,” tutur Pamudji.

Pamudji menuturkan dalam gelaran rakor tersebut peserta mengikuti kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolri secara virtual di ruang Rupatama Polrestabes Semarang Gedung A lantai 2.

“Kapolri memimpin langsung rakor perispan arus mudik menjelang Idul Fitri 1443 H. Masing-masing Kementerian, Badan dan Perusahaan Negara terkait, menyampaikan programnya, seperti Kemendagri, Panglima TNI, Kemendag, Kemenhub, BaSARnas, BMKG, Direktur Pertamina dan Kementerian Agama yang diwakili oleh Wamen,” ujar Pamudji.

“Wamen menyampaikan SE Menag Nomor 8 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M, yaitu dalam rangka memberikan panduanpenerapan protokol kesehatan kepada pemangku kepentingan, pengurus dan pengelola masjid/musala dan umat Islam dalam mencegah dan memutus mata rantai serta melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19,” sambungnya.

Pamudji berharap kegiatan mudik tahun ini berjalan dengan aman dan lancar serta terkendali, dan tidak ada penambahan kasus masyarakat yang terinfeksi Covid-19.(NBA/bd)