Keutamaan Salat Tahajud, Nibras: Amalan Untuk Bekal Akhirat

Banjarnegara – Banyak salat sunah yang dapat dilakukan umat muslim untuk mendapatkan pahala lebih. Salat tahajud salah satu salat sunah yang memiliki banyak manfaat.

Dalam Al-Quran, melaksanakan salat tahajud disebut dapat mendapat tempat yang terpuji di mata Allah SWT. Salat tahajud dilaksanakan setelah waktu Isya sampai masuknya waktu Subuh.

Salat tahajud dikerjakan dua rakaat salam dengan jumlah rakaat yang tak terbatas. Melaksanakan salat tahajud dengan tata cara yang benar memiliki manfaat seperti yang dirangkum dari Nibras perwakilan OSIM pada kultumnya, Kamis, (7/4/22).

Bertempat di masjid MTs N 1 Banjarnegara, Nibras menyebut waktu terbaik salat tahajud yaitu di sepertiga malam terakhir, manfaatnya adalah doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Selain itu, manfaat lainnya dari salat tahajud yaitu pendekatan diri kepada Allah SWT, menghindari penyakit serta pencegah dari segala dosa.”  tandasnya.

Lebih lanjut, Nibras menyebut bahwa Rasulullah menganjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud agar dipermudah untuk masuk ke surga kelak.

“Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa umat muslim yang melaksanakan salat tahajud, Insya Allah akan mendapat balasan yang setimpal ketika sudah berada di akhirat.” tandas Nibras kepada siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara.

Sebagaimana diketahui, pada QS. Az Zariyat: 15-18 juga dijelaskan bahwa, Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.

Dari ayat tersebut, Nibras berharap kepada teman-teman  khususnya MTs N 1 Banjarnegara untuk selalu melaksanakan ibadah salat sunah. Dengan hal itu, Allah akan melindungi dan mempermudah segala urusan di dunia maupun akhirat. (ran/ak/rf)