Koordinator Pembina Keagamaan Madtsansa: Pentingnya Menghafal Doa Sehari-Hari

Banjarnegara – Selama bulan Ramadan Abdul Majid mengajarkan doa-doa yang sering dibacakan pada aktivitas sehari-hari. Sabtu (16/4) para siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara menerima pengetahuan baru terkait doa yang diajarkan oleh Abdul Majid. Menurut Majid penting bagi siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk menghafal doa-doa ini.

“Penting untuk kalian menghafal doa-doa ini karena berkaitan dengan aktivitas kita sehari-hari. Semua kegiatan jika diawali dengan doa insya Allah akan bernilai ibadah.” jelas Majid.

Bulan Ramadan ini Abdul Majid lebih banyak berinteraksi dengan siswa. Kesempatan ini digunakan Majid untuk mengajarkan doa-doa untuk diamalkan pada kegiatan sehari-hari. Seperti pada Sabtu ini Abdul Majid mengajarkan doa ketika melihat kilat. Bulan April yang biasanya sudah memasuki musim kemarau, kali ini masih sering dijumpai hujan dengan intensitas yang tinggi. Jika hujan lebat biasanya diikuti dengan kilat dan petir yang menyambar.

Abdul Majid mengajarkan doa ketika melihat kilat dengan cara siswa menirukannya. Di hari-hari sebelumnya Majid sudah mengajarkan doa seperti doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa setelah adan, doa salat duha, doa selesai pembelajaran, dan beberapa doa lainnya.

“Anak madrasah harus bisa berdoa minimal doa-doa pendek yang kita gunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Jadi jika suatu saat kalian dimintai membaca doa di sebuah acara dan belum bisa menghafalkan doa yang panjang kalian bisa menggunakan doa-doa ini. Dulu Cak Nun juga demikian, diminta membaca doa di sebuah pengajian beliau membacakan doa-doa pendek yang dia hafal saat itu.” kata majid sambil melucu.

Begitu pentingnya doa bagi umat muslim karena doa adalah pedangnya orang Islam. Ibarat hendak berperang maka harus punya pedang untuk melawan musuh. Masa sekarang perang tidak hanya melawan musuh melainkan melawan hawa nafsu pada diri sendiri. Dengan menghafal doa-doa pendek ini dan mengamalkannya insya Allah akan bisa melawan hawa nafsu tersebut.

Tidak hanya menghafalkan doa berbahasa arab saja, Abdul Majid juga mengajarkan siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara menghafal artinya. Dengan siswa tahu arti dari doa yang diajarkan mereka akan lebih mengetahui makna doanya. Semoga dengan siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara menghafal doa-doa yang diajarkan Majid, mereka akan senantiasa mengamalkan dan bisa menjadi bekal di kehidupan. (rin/ak/rf)