Kultum Madtsansa, Sani Asghor: Pentingnya Menuntut Ilmu

Banjarnegara-Surga adalah idaman setiap muslim. Bahkan, ia menjadi janji dari Allah SWT bagi banyak amalan saleh yang dilakukan oleh umat Islam. Oleh karena itu saat Allah SWT menjadikan ilmu sebagai jalan utama menuju surga, maka ini menunjukkan besarnya keutamaan menuntut ilmu.

Itulah kultum yang disampaikan oleh Sani asghor perwakilan kelas 8D pada kegiatan bulan suci Ramadhan. Bertempat di masjid MTs N 1 Banjarnegara, Sabtu, (9/4/22) Sani menjelaskan belajar dalam Islam bertujuan untuk mengembangkan ilmu dan mengabdi kepada Allah SWT.

Sebagaimana diketahui, Dalam Alquran Allah SWT berfirman: Maka ketahuilah (ilmuilah)! Bahwasanya tidak ada Ilah (tuhan yang berhak untuk disembah dengan benar) kecuali Allah dan mohonlah ampunan terhadap dosa-dosamu (QS Muhammad: 19).

Oleh karena itu, ada beberapa keutamaan menuntut ilmu yang disampaikan oleh Sani salah satunya ilmu adalah warisan para nabi.

“Keutamaan menuntut ilmu lebih tinggi dari pada uang dan emas yang bersifat materi. Sebab, saat seseorang memiliki ilmu dan hingga mengajarkannya, maka hal tersebut akan menjadi amal jariah yang terus mengalir bahkan hingga orang tersebut meninggal dunia.” terangnya.

Selain warisan para nabi, menuntut ilmu adalah jalan menuju surga. Berdasarkan pada sebuah hadis saat Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang meniti suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga (HR Ahmad).

Lebih lanjut, Sani menambahkan dengan belajar akan ada manfaat yang akan terus mengalir meski telah meninggal. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: Apabila anak cucu Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali melalui tiga jalur: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang senantiasa mendoakannya. (HR Bukhari dan Muslim).

“Siapa yang tidak ingin terus mendapatkan pahala meski telah meninggal. Hal ini akan didapat bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Sebab, ilmu tersebut bukan hanya bermanfaat untuk dirinya, tapi juga untuk orang lain,” tuturnya.

Itulah beberapa keutamaan menuntut ilmu beserta adabnya yang disampaikan oleh Sani. Dirinya juga berharap kepada siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara untuk bisa dipraktikkan, demi mendapatkan pahala yang berkah juga bermanfaat bagi sesama. (ran/ak/rf)