Lejitkan Semangat Kompetisi, Siswa Kelas Iia Mimau Dapatkan Kartu Prestasi

Banjarnegara – Dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa komponen yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran, yakni antara lain adanya evaluasi. Evaluasi merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan pada suatu program pendidikan. Dalam pelaksanaannya evaluasi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam model, antara lain sumatif, formatif, dan pemetaan,

Siswa MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (MIMAU) belum lama ini telah melaksanakan evaluasi sumatif secara serentak berupa Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 yang diikuti oleh kelas I (satu) sampai dengan V (lima).  Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui serta mengukur penguasaan materi yang telah diajarkan. Antusias serta semangat belajar siswa sangatlah digalakkan. Selain itu, motivasi dari guru dan orang tua pun menjadi cambuk bagi siswa untuk selalu membuktikan keberhasilannya dalam bidang akademik maupun non akademik.

Pada hari Sabtu (9/4) siswa kelas IIA mendapatkan kabar bahagia, yaitu diumumkannya hasil evaluasi sumatif tersebut oleh wali kelas. Bukan hanya pengumuman secara lisan saja, namun dibagikan juga kartu prestasi kelas. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki daya saing tinggi serta semangat berkompetisi.

“Alhamdulillah dengan adanya program kartu prestasi di kelas IIA ini, menjadikan mereka memiliki daya saing tinggi serta menambah semangat dalam berkompetisi. Disisi lain, orang tua pun sangatlah perlu mengetahui bagaimana progres pencapaian akademik yang telah putra-putrinya raih.” tutur Fitriyani selaku wali kelas IIA.

Pada kartu prestasi tersebut berisikan jumlah nilai, nilai rata-rata, serta ranking yang telah diraih dalam setiap semester. Pada saat kartu dibagikan, siswa diarahkan untuk tidak saling memperlihatkan isi dari kartu prestasi tersebut ke teman-teman, guna menghindari adanya kesenjangan antar sesama karena perbedaan hasil evaluasi.

“Hore nilai aku alhamdulillah naik ustadzah, aku juga bisa masuk peringkat 5 besar tertinggi di kelas. Kartu ini akan aku tunjukkan kepada ibu dan akan aku simpan di tempat aku belajar. Semoga pada penilaian selanjutnya aku bisa masuk 3 besar peringkat tertinggi di kelas,” ucap Kenes salah seorang siswa kelas IIA

Berdasarkan pengamatan, wali murid menyambut baik adanya program kartu prestasi tersebut. Mereka menganggap hal ini bisa menjadi motivasi antar teman serta bisa membentuk pribadi yang tak mudah putus asa. (ff/ak/rf)