Lengkapi Media Sosialisasi dan Komunikasi, MTs N 1 Banjarnegara Rambah Dunia Podcast

Banjarnegara – Di era revolusi industri 4.0 yang serba digital seperti saat ini membuat masyarakat lebih mudah dalam menyampaikan dan menerima informasi. Pemanfaatan media online bisa dimaksimalkan untuk banyak keperluan pun dalam dunia pendidikan. Selain dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, media online juga dapat digunakan untuk keperluan sosialisasi dan komunikasi.

Seperti yang sedang digarap oleh tim humas Mts Negeri 1 Banjarnegara yaitu memanfaatkan podcast  untuk dijadikan sarana informasi, sosialisasi dan komunikasi antara madrasah dengan masyarakat. Podcast Madtsansa Ada Apa? sudah mempublish episode pertamanya di akun Youtube MTs Negeri 1 Banjarnegara dan tentu dapat didengarkan di podcast Spotify pada Rabu (6/4) dengan membahas tema jargon Mts Negeri 1 Banjarnegara yaitu Madtsansa semakin mendunia.

Menurut Dwi Lina Rahmawati selaku wakil kepala urusan humas dan juga menjadi host dalam episode perdana, media podcast saat ini sedang sangat digandrungi oleh masyarakat sehingga peluang ini tentu harus disikapi dengan optimisme berkarya agar media online benar-benar dapat memberi manfaat yang optimal.

“Kita mencoba memaksimalkan media yang ada yaitu Youtube dan Spotify. Keduanya merupakan media online yang sangat mudah diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Dengan fasilitas on demand  yang dapat diputar sesuai keinginan kita bahkan dapat diunduh, maka podcast menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melengkapi media sosial Madtsansa,” ungkap wanita yang akrab disapa Linara.

Linara menambahkan bahwa episode podcast akan publish di Youtube dan sportify setiap hari Rabu dengan tema bahasan berbeda-beda dan dengan mengundang tamu bervariasi baik dari dalam maupun dari luar Madtsansa.

Eko Widodo selaku kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan optimisme dan apresiasinya bahwa media podcast ini akan semakin mendekatkan Madtsansa pada seluruh masyarakat Banjarnegara khususnya dan tentu seluruh manusia di dunia.

“Media Youtube dan Spotify yang accessibilty-nya tak terbatas wilayah tentu akan sangat mendukung syiar Madtsansa. Dengan menyiarkan Madtsansa setiap waktu, maka harapannya Madtsansa kelak akan menjadi madrasah pilihan utama bagi seluruh  masyarakat di Banjarnegara,” ungkapnya mantap.

Masih menurut Eko Widodo, bahwa Madtsansa akan terus mempublikasikan seluruh prestasi dan kegiatannya dengan tujuan menunjukkan keseriusan tekad madrasah dalam menjalankan amanah untuk mencerdaskan dan memaksimalkan bakat seluruh siswanya dan tentu mengembangkan pendidikan di Banjarnegara. (lin/ak/rf)