Libatkan Siswa dalam Peringatan Nuzulul Quran, Berharap Tingkatkan Ibadah di Bulan Ramadhan

Semarang-“Berkah Ramadhan Nikmati Kemenangan”, itulah tema yang diangkat dalam kegiatan peringatan Nuzulul Quran dan Khatmil Quran yang dilaksanakan di MI Futuhiyyah 01 Kudu Genuk Semarang, pada Selasa (19 April 2022) bertepatan dengan 17 ramadhan 1443 H, yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa kelas 4 s.d 6 MI Futuhiyyah 01.

Dalam peringatan tersebut, KH. Ali Marzuqi didapuk untuk memberikan tausiyah. “Alquran itu diturunkan pada bulan ramadhan, sebagai pedoman serta petunjuk umat manusia,” tuturnya.

“Ada tiga hal yang harus kita lakukan sebagai umat Islam yaitu membacanya, mempelajari isinya, dan menjadikannya sebagai pedoman,” terangnya.

“Jika ketiga hal tersebut kita lakukan, maka kehidupan kita akan bahagia baik di dunia maupun di akhirat kelak,” sambungnya.

Sementara Hikmah Kepala MI Futuhiyyah 01 Kudu Genuk mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan tahun ini, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah yang dipimpinnya.

“Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan untuk beribadah kepada Allah SWT, kami lakukan beberapa kegiatan, diantaranya pesantren Ramadhan, kajian kitab kuning, dan hari ini kami laksanakan kegiatan Nuzulul Quran. Semoga kegiatan-kegiatan ini dapat memotivasi siswa untuk semakin semangat dalam beribadah,” tuturnya.

Ahmadi salah satu guru MI Futuhiyyah 01 Kudu Genuk menambahkan apa yang diutarakan oleh Hikmah. Ia menyampaikan bahwa anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Nuzulul Quran.

“Anak-anak kami libatkan dalam acara tersebut diantaranya ada yang bertugas sebagai pembawa acara, membaca khatmil Quran dan lain sebagainya, sehingga menambah antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan Nuzulul Quran,” ujarnya.

Senada dengan Ahmad, M. Nabil Hakim siswa yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pesantren Ramadhan di madrasahnya.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, karena puasa terasa menjadi ringan, bahkan saking asyiknya dengan kegiatan-kegiatan Ramadhan, waktu puasa terasa berjalan dengan cepat,” kata M. Nabil Hakim.

Hal serupa juga disampaikan oleh Najwa Khoirun Nisa’, yang mengungkapkan senangnya mengikuti kegiatan Nuzulul Quran tersebut. (SAW/NBA/bd)