Memahami Sejarah Turunnya Al-Qur’an, Guru dan Siswa MTs Negeri 3 Banjarnegara Peringati Malam Nuzulul Qur’an

Banjarnegara – 17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Qur’an atau malam turunnya Al Qur’an. MTs Negeri 3 Banjarnegara menggelar rangkaian kegiatan guna memperingati malam turunnya Al Qur’an tersebut.

Acara dilaksanakan di Musholla MTs Negeri 3 Banjarnegara, rangkaian kegiatan dikemas mulai sholat Ashar berjamaah, dilanjutkan Khatmil Qur’an oleh seluruh Guru dan siswa yang mengkhatamkan 30 juz. Kegiatan Khatmil Qur’an berjalan dengan khidmat dan khusyuk’, silih berganti lantunan kalam ilahi ayat demi ayat, surat demi surat menggema di madrasah, Senin (18/04).

Selanjutnya, dalam sambutannya yang sekaligus kultum menjelang berbuka, Kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara Natir mengajak kepada seluruh warga madrasah untuk selalu mencintai dan gemar membaca Al Qur’an.

“Dengan semangat peringatan Nuzulul Qur’an ini, mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, menjadikan kebiasaan untuk selalu membaca dan mengamalkannya serta membangun kebersamaan sesama warga madrasah sebagai salah satu perwujudan madrasah hebat bermartabat berkelas dunia,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan kali ini, Imaduddin Abas selaku Waka Kesiswaan menyampaikan, keutamaan malam Nuzulul Quran. “Keutamaan dari malam Nuzulul Quran kita dapat merenungi peristiwa bersejarah dari turunnya kitab suci Al-Quran, di mana Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh dunia dan kegiatan ini sebagai sarana belajar siswa memahami sejarah turunnya Al-Qur’an itu sendiri,“ terangnya. (ar/ak/rf)