Memperelok Madrasah dengan Membuat Taman

Banjarnegara – Sejumlah guru dan pegawai MTs Negeri 2 Banjarnegara pada Jumat (1/4) membuat taman madrasah. Pembuatan taman tersebut merupakan salah satu upaya agar madrasah semakin terlihat indah.

Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara Ratna Ayu Kartika Wulan mengatakan bahwa, selama ini sebagian tanah yang terlihat kosong di lingkungan madrasah tidak dimanfaatkan secara maksimal, sehingga masih ada beberapa lahan kosong. Untuk itu, pihaknya kemudian memanfaatkan lingkungan dan lahan kosong tersebut dengan membuat beberapa taman.

Agus Hartono sebagai koordinator pembuatan taman, melaksanakan tugasnya dengan baik. Pembuatan taman mempunyai beberapa manfaat, diantaranya untuk memperindah lingkungan madrasah dan memberi rasa sejuk, karena dikelilingi oleh tanaman yang indah.

“Kita siapkan beberapa jenis tanaman yang siap tanam di beberapa lahan yang kosong. Ini juga kita lakukan, agar segenap guru, pegawai, dan seluruh peserta didik betah serta nyaman berada di madrasah. Kalau madrasah sudah terlihat indah dan asri, otomatis seluruh warga madrasah akan betah berada di madrasah. Taman madrasah adalah salah satu penunjang keindahan madrasah. Untuk itu taman madrasah harus ditata sedemikian rupa agar terlihat indah dan asri.” jelas Agus Hartono selaku koordinator yang juga merupakan salah satu guru di MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Wakil kepala urusan sarana dan prasarana Sudarto, menambahkan terkait dengan taman madrasah.

“Madrasah merupakan tempat yang digunakan oleh para peserta didik untuk belajar dan menuntut ilmu. Tak terkecuali itu penyediaan fasilitas penunjang kenyamanan dan keindahan seperti taman madrasah. Selain sarana dan fasilitas yang memadai, madrasah juga memerlukan lingkungan yang nyaman bagi para peserta didik. Untuk itu dengan disediakan taman yang berada di lingkungan madrasah, membuat madrasah terlihat lebih indah. Selanjutnya, bagi peserta didik, dapat memberikan motivasi belajar kepada mereka karena dengan lingkungan madrasah yang nyaman, indah, dan sejuk, maka para peserta didik akan merasa betah dan bersemangat untuk belajar,” pungkasnya saat ditemui di sela-sela kesibukannya. (ah/swp/rf)