Menggugah Rasa Empati, MTs N 2 Banjarnegara Adakan Baksos

Banjarnegara – Dalam rangka program peduli masyarakat  dan menggugah rasa empati siswa, MTs N 2 mengadakan bakti sosial. (25/4) Kegiatan ini diadakan pada di akhir minggu ketiga bulan Ramadhan. Mengingat selama pasca pandemi Covid-19 ternyata banyak warga dan masyarakat yang harus dibantu.

“Siswa kami ajak untuk mempunyai empati yang tinggi sehingga program ini layak untuk dilaksanakan,” ungkap Siti Fadhilah selaku ketua panitia.

Setiap siswa memberi kontribusi beras, tepung terigu, gula pasir serta mie. Semua siswa dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 memilih salah satu bahan pokok tersebut. Setelah terkumpul maka dikemas untuk dibagikan kepada masyarakat.

“ Kami melibatkan pengurus OSIM untuk membantu dari pengumpulan hingga packing sembako tersebut,” ungkap Nur Farida selaku Waka Kesiswaan.

Hal senada diungkapkan Nur Farida bahwa siswa harus dilatih kepekaan sosialnya melalui program-program seperti ini. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa peka terhadap penderitaan orang lain yang ada di sekitar kita.

Siti Fadhilah juga menambahkan dalam Islam juga dianjurkan untuk saling menolong dengan muslim yang lain. Rasa tolong menolong harus ditumbuhkan dari hal yang kecil. Sehingga nanti akan menjadi kebiasaan yang baik di masa remaja bahkan sampai tua.

Paket sembako yang dibagikan di jalan raya dengan sasaran penjual makanan keliling dan para sopir angkot yang melintas di depan MTs N 2 Banjarnegara. selain itu siswa juga menjadi penerima bantuan baksos dengan kriteria tertentu.

“Semoga cara ini dapat menggugah rasa empati siswa untuk bisa membantu orang-orang yang ada di sekitar tempat tinggalnya,” jelas Fadhilah menutup acara bakti sosial. (dw/ak/rf)