MI Al Hikmah Ajarkan Pendidikan Akhlak melalui Dongeng Ceria Ramadhan

Semarang, Dalam rangka kegiatan pesantren Ramadhan MI Al Hikmah Tembalang mengadakan “Dongeng Ramadan Ceria bersama Kak Kusyanto” yang diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3.

Kegiatan Dongeng Ramadhan Ceria dilaksanakan Senin (25/4/2022), kegiatan ini berlangsung di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Gayamsari Selatan Rt 03 Rw 03 No.4 Semarang, dan disambut sangat meriah oleh para siswa dan guru.

Dongeng Ramadhan Ceria dibuka oleh Kepala MI Al Hikmah, Sri Zuniati, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nariyyah dan asmaul husna yang dipimpin oleh Romadhon selaku guru kelas 3 MI Al Hikmah.

“Berbakti kepada Orang Tua di Bulan yang Suci” menjadi tema utama dalam Dongeng Ramadhan Ceria yang dibawakan oleh Kak Kus. Untuk menambah daya tarik siswa-siswi, Kak Kus menggunakan media boneka dan sulap dalam mendongeng.

Dengan adanya kegiatan Dongeng Ramadhan Ceria, diharapkan dapat mengembangkan imajinasi siswa-siswi, sehingga mereka menjadi terampil dalam berkomunikasi dengan orang lain.

“Pada saat siswa-siswi mendengarkan cerita, imajinasinya akan berkembang terangsang untuk menggambarkan situasi dari cerita yang mereka dengarkan, sehingga tidak hanya mengembangkan imajinasi tetapi juga kreativitas siswa-siswi. Selain itu juga akan menambah kosakata,” tutur Sri Zuniati.

“Harapan lain daei kegiatan ini, agar mereka bisa mengambil hikmah dari cerita yang dibawakan oleh Kak Kus. Ini merupakan salah satu metode yang cukup efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak, karena pesan yang disampaikan melalui dongeng yang dibawakan dengan penuh ekspresi oleh Kak Kus, akan lebih mudah melekat dalam ingatan mereka,” imbuhnya.

Salah satu peserta Fatih, siswa kelas 3, mengaku sangat bergembira mengikuti kegiatan Dongeng Ramadhan Ceria, menurutnya kegiatan ini mampu membuat semangat baru ketika mencari ilmu.

“Ceritanya menghibur dan menginspirasi, Kak Kus membawakan ceritanya dengan sangat lucu ditemani dengan Anto (nama boneka yang dibawanya), sehingga kami yang mendengarkan jadi bisa membayangkan suasana dari cerita yang dibawakannya. Seru dan keren karena kami merasakan suasana baru dalam belajar,” ujarnya.

Antusiasme juga diungkapkan oleh Cleonima Zahim siswi kelas 2, ia berharap agar kegiatan Dongeng Ceria tidak hanya digelar di bulan Ramadhan.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Khusnul Marfungah, salah satu guru kelas 1, menurutnya kegiatan Dongeng Ramadhan Ceria yang baru pertama kali dilaksanakan di MI Al Hikmah, membawa dampak positif bagi siswa-siswi. “Anak-anak tampak bergembira, semangat, fokus serta antusias dalam mendengarkan dongeng dari Kak Kus. Siswa sisiwi bisa memetik pesan-pesan yang disampaikan oleh Kak Kus dan Anto (bonekanya),” tutur Khusnul Marfungah.

Ia berharap kegiatan serupa bisa diadakan lagi di madrasahnya di Ramadhan yang akan datang. “Semoga dengan kegiatan Dongeng Ramadhan ini membuat anak-anak semakin cerdas, berakhlak mulia dan membanggakan bagi orang tua, madrasah dan peserta didik itu sendiri,” pungkasnya.(ZN/SAW/NBA/bd)