MI Falahiyyah Tembalang Semarakkan Ramadhan dengan Menggelar Sholat Dhuha serta Tadarus

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun 1443 H / 2022 M, MI Falahiyyah Tembalang mempunyai gebrakan baru yakni diselenggarakannya Tadarus Al – Qur’an yang diikuti peserta didik RA – MI Falahiyyah dan guru yang dilaksanakan di halaman madrasah.

Sebagaimana terlihat hari ini, Rabu (06/04/2022) nampak anak-anak MI Falahiyyah tersebut serempak melaksanakan kegiatan sholat dhuha berjamaah dengan khusyuk dan khidmat sehabis dilakukannya apel pagi atau pembacaan asmaul husna. Kegiatan ini sebagai upaya ikut serta menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan menggelar kegiatan-kegiatan yang bersifat positif bagi peserta didik.

Kegiatan sholat dhuha di bulan suci Ramadhan ini dilaksanakan pada pukul 07:10 wib s/d 07:40 wib yang diikuti oleh peserta didik sertak tenaga pendidik, kemudian dilanjutkan dengan tadarus serta tausiah kurang lebih 30 menit.

Pasalnya sholat dhuha adalah salah satu ibadah yang bersifat sunnah namun dianjurkan, sehingga memiliki banyak manfaat yang sangat baik. Salah satunya yaitu mengajarkan anak untuk senantiasa menjalankan ibadah kepada Allah SWT tidak hanya yang bersifat wajib tapi juga yang bersifat sunnah dari dini. Tidak hanya sekadar manfaat sholat dhuha dari sisi spiritual saja, tetapi manfaat dalam bentuk jasmani juga dapat dirasakan oleh peserta didik.

Kepala MI Falahiyyah Nurkholis mengatakan, kegiatan Ramadhan di madrasah yang dipimpinnya ini tidak hanya sholat dhuha berjamaah melainkan juga asmaul husna, tadarus Al-Qur’an serta Tausiah atau KulTum (Kuliah Tujuh Menit). “Pengisi tausiah dalam kegiatan Ramadhan ini diisi oleh dewan gugu secara bergantian dengan mengikuti jadwal yang telah saya tetapkan.”, tutur Nurkholis.

Ditambahkan Nurkholis, kegiatan keagamaan dan pembiasaan serta praktik keagamaan di MI Falahiyyah sudah berlangsung lama. Artinya, selain bulan Ramadhan pihaknya menyelenggarakan pembacaan Asmaul Husna dan hafalan Juz ‘Amma.

Hafalan Al-Qur’an kami maksudkan agar setelah lulus dari Falahiyyah bisa menjadi imam sholat Tarowih, tambah Nurkholis.

Moh Yahya ( guru MI Falahiyyah ) mengatakan kebiasaan pada bulan Ramadhan seperti ini adalah sangan baik karena untuk mendidik dan membiasakananak berlatih di usia ditingkat MI. Ahmad Fahri Anak kelas 4 mengatan dengan adanya kegiatan  Salat Dhuha dan tadarus  sangat senang

Bapak Syakroni selaku Wali murid ( Komite Madrasah ) sangat mendukung dengan adanya kegiatan positif  dan sangat baik yang dadakan di Madrasah Falahiyyah karen di usia anak tingkat dasar/ kalau di rumah tidak mungkin melakukan shalat Dhuha sendiri, maka dengan diadakan kegiatan seperti saya sangat mendukung sekali.

Sementara itu pengawas madrasah Tembalang kota Semarang, Amhal Kayfani menyatakan gembira dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan madrasah binaannya itu. Lanjutnya, program ini pernah di interuksikan kepada MI maupun RA di wilayah binaannya yaitu kec. Tmbalang dan kec. Bayumanik.

“Mudah-mudahan upaya mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan ekstra terkait penguatan keagamaan siswa dicatat oleh Allah sebagai Nilai Ibadah.”, jelas Amhal Kayfani dalam supervisi MI Falahiyyah. (Nurkholis/Sukirman/bd)