MTs Negeri 1 Banjarnegara Distribusi Zakat Fitrah Kepada Mustahik 

Banjarnegara – Distribusi zakat fitrah MTs Negeri 1 Banjarnegara dilaksanakan pada Senin (25/4) di masjid Darul Ulum. Sesuai arahan Abdul Majid, koordinator pembina keagamaan MTs Negeri 1 Banjarnegara para menerima zakat fitrah berkumpul di masjid Darul Ulum seusai acara Khatmil Quran. Zakat fitrah ini didistribusikan kepada para siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang kurang mampu.

Abdul Majid menyampaikan bahwa zakat fitrah ini diberikan kepada para siswa yang kurang mampu. Masing-masing wali kelas memilih 5 siswa yang kurang mampu di kelas yang diampu. Pembagian zakat fitrah ini adalah salah satu program keagamaan di bulan Ramadan. Zakat fitrah ini terkumpul dari seluruh siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah di madrasah.

“Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara kami wajibkan membayar zakat fitrah di madrasah. Salah satu program kami adalah membagikan zakat fitrah untuk siswa yang kurang mampu dan tetangga sekitar madrasah yang kurang mampu pula. Ini juga menjadi ajang latihan anak-anak untuk berbagi melalui program pembagian zakat fitrah.” ujar Menteri Agama MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Sebanyak 120 siswa dari masing-masing kelas di MTs Negeri 1 Banjarnegara menerima zakat fitrah. Majid mengatakan bahwa total zakat fitrah yang sudah dibayarkan oleh seluruh siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara kurang sepuluh juta. Ini akan ditasarufkan kepada para mustahik zakat, salah satunya siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara yang kurang mampu.

Zakat fitrah yang dibayarkan di MTs Negeri 1 Banjarnegara berupa uang dan beras. Jika yang membayar zakat fitrah dengan uang besar pembayarannya 30.000. Sedangkan jika yang membayar menggunakan beras maka banyaknya beras adalah 2,6 kilogram.

“Untuk siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara menerima zakat fitrah berupa uang tunai. Beras yang sudah terkumpul rencananya akan kami tasarufkan untuk tetangga madrasah. Nanti kita akan bekerja sama dengan pengurus OSIM untuk pendistribusiannya.” tandas Majid.

120 siswa penerima zakat fitrah diharapkan dapat memanfaatkan uang tersebut dengan sebaik-baiknya. Pembagian zakat fitrah ini mengajarkan siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk berbagi. Tidak semua siswa bisa tercukupi kebutuhannya di kehidupan sehari-hari. Dengan berlatih berbagi melalui program pendistribusian zakat fitrah ini semoga keluarga besar MTs Negeri 1 Banjarnegara bisa terbentuk karakter yang peduli terhadap sesama. (rin/ak/rf)