Peduli Sosial, Pramuka MTs N 4 Banjarenegara Bagi-Bagi Takjil di Bulan Penuh Berkah

Banjarnegara – Pramuka Matsapabara MTsN 4 Banjarnegara, diwakili oleh Dewan Penggalang membagikan takjil ke warga masyarakat sekitar Desa Kincang dan Tanjunganom pada hari Sabtu (16/4) sekitar pukul 15.00 WIB. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka wujud kepedulian terhadap sesama di bulan Ramadan.

Kegiatan bagi-bagi takjil di wilayah Desa Kincang dan Tanjunganom tersebut didampingi langsung oleh Kepala Madrasah, Sidik Wibowo Akhmad,  dan pembina pramuka MTsN 4 Banjarnegara, Halimatus Sa’diyah. Dalam kegiatan yang juga diramaikan oleh pasukan kesenian tek-tek  tersebut dibagikan sekitar 300-an paket takjil dan diberikan kepada warga masyarakat sekitar dan pengendara motor yang lewat di jalan Desa Kincang dan Tanjunganom.  Pembagian takjil dilakukan oleh anak-anak Pramuka Matsapabara yang tergabung dalam Dewan Penggalang.

“Saya merasa bangga anak-anak pramuka punya kepedulian sosial yang tinggi. Mereka walau sedang puasa tapi mau terjun ke lapangan membagikan takjil kepada masyarakat. Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi madrasah. Terima kasih juga kepada para pembina pramuka yang sudah merancang dan merencanakan segala sesuatunya untuk kegiatan ini, semoga lelahnya menjadi amal ibadah,” ungkap Sidik Wibowo selaku kepala madrasah.

Menurut Halimatus Sa’diyah, salah satu pembina pramuka, kegiatan bagi-bagi takjil memang diagendakan tiap tahun saat bulan Ramadan. Hal ini bertujuan agar para siswa terutama anak-anak pramuka bisa lebih memaknai bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang positif , menanamkan rasa empati dan kepedulian kepada sesama di bulan Ramadan, juga sebagai wujud pengamalan Dasa Dharma secara langsung di lapangan. Selain itu juga untuk  lebih mengenalkan MTs Negeri 4 Banjarnegara kepada masyarakat agar masyarakat lebih mencintai lembaga pendidikan madrasah.

“Kegiatan ini untuk berbagi berkah di bulan Ramadan sebagai wujud kepedulian sosial anggota pramuka kepada sesama, bertujuan agar para siswa lebih memaknai bulan suci Ramadan.  Selain itu juga sebagai syiar madrasah kepada masyarakat sekitar agar MTsN 4 Banjarnegara lebih dekat dan dikenal serta dicintai masyarakat,” jelas Halimatus Sa’diyah.

Kegiatan bagi-bagi takjil gratis oleh Pramuka Matsapabara berlangsung lancar walau cuaca tidak bersahabat karena saat itu hujan gerimis, namun tidak menyurutkan semangat dan antusias para anggota pramuka untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Paket takjil selesai dibagikan pada pukul 17.30 WIB. (khm/ak/rf)