Pembinaan Kepala MI Se Kecamatan Tembalang dan Banyumanik Oleh PAI Agama Kota Semarang Dengan Suasana Keakraban

Pembinaan Kepala MI Se-Kecamatan Tembalang dan Banyumanik

Semarang – Selasa ,12 April 2022 pengawas pendidikan agama Kemenag kota Semarang, Drs..H.Amhal Kaefahmi,SH, M.Hum, M.Pd. memberikan pembinaan kepada Kepala MI se kecamatan Tembalang dan Banyumanik dalam acara yang di selenggarakan oleh KKM MI kecamatan Tembalang Banyumanik. Sebagaimana agenda acara yang telah dijadwalkan dalam program KKM MI kecamatan Tembalang Banyumanik.

Kegiatan yang dihadiri seluruh kamad MI di kecamatan Tembalang dan Banyumanik ini menjadi meriah dan penuh arti dengan kehadiran pak Amhal sapaan akrabnya. Beliau bersyukur karena bisa hadir di tengah-tengah kepala Madrasah di wilayah binaannya, dalam suasana kekeluargaan di kedai Aisyah sendang mulyo tembalang.

“ Murid-murid kita tidaklah menginginkan guru yang sempurna , mereka menginginkan guru guru yang bahagia” pak Amhal membuka sambutannya, diiringi tawa ringan para kamad tapi serempak.

“Sebagus apapun kurikulum yang disusun kepala madrasah bersama tim pengembang kurikulum madrasah, selengkap apapun administrasi yang dimiliki guru, kalau guru tidak bahagia, tidak akan ada pembelajaran yang bermakna, pembelajaran yang tertanam kuat dihati dan pikiran murid-murid. Sebaliknya RPP yang sederhana dengan didukung media belajar secukupnya kalau dilandasi kebahagiaan pada diri guru dalam menyampaikan pembelajaran, maka akan muncul proses pembelajaran yang menyenangkan ,bermakna dan tertanam kuat dalam ingatan murid-murid.” Lanjut pak Amhal.

Suasana menjadi semakin hidup ketika pak Amhal membuka sesi ramah tamah .

H. Abdul Khoer,M.Pd. kepala MI Nashrul fajar ,MI tersubur di Tembalang bahkan kota Semarang, mengungkapakan kesannya kepada pak Amhal, bahwa diawal perkenalan Abdul Khoer melihat pak Amhal sebagai pribadi yang disiplin, maaf kaku, sehingga terasa sungkan kamad menyampaikan kerisauan dalam hati atas masalah yang dihadapi di madrasah . Namun sekarang merasa bahwa pak Amhal ternyata dibalik pembawaanya yang tegas tersimpan pribadi yang ramah, familier dan empatik. Terbukti disetiap kunjungannya di madrasah binaan pak amhal tidak pernah ingin menilai kinerja kamad maupun guru, tetapi lebih fokus mendengarkan permasalahan guru dan semaksimal mungkin bersama guru dan kamad berusaha menemukan solusi nya. Ternyata dengan sikap ini pak Amhal berhasil membangun kebahagiaan pada guru dan kamad agar mereka juga bahagia saat berhadapan dengan murid-murid.

Hal ini dibenarkan oleh Siti zuniati,S.Sos. S.Pd kamad MI Al Hikmah, dan secara umum semua kamad di wilayah binaan pak Amhal. Kenangan tersendiri pada sosok pak Amhal adalah, kepala madrasah mulai kenal dunia tulis menulis berita yang dulu hanya pak Sukirman, S.Pd.SD, S.Pd.I, M.Pd . kamad MI Al Muta’allimin saja tetapi sekarang semua kamad bisa menulis.

Istolik Makmun,S.Ag, MM kamad Mi Husnul Khatimah sekaligus ketua KKM MI Tembalang dan Banyumanik ,menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pak Amhal atas bimbingannya selama ini dan mewakili semua kamad mohon maaf lahir batin dihari menjelang Hari Raya Idul Fitri yang 20 hari kedepan akan tiba.

Acara pembinaan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Sobirin,S.Pd.I ,kamad MI Miftahul Ulum 01 (M.Jamil/Sukirman/bd)