Pengawas Madrasah Ikut Amati Pelaksanaan Ujian Madrasah Tingkat MI

Semarang – MI Al Hikmah menyelenggarakan Ujian Madrasah (UM) tanggal 11-14 April 2022, dan diikuti oleh 37 peserta didik kelas 6. Penyelenggaraan ujian dibagi menjadi dua ruangan, yang pertama untuk 20 siswa dan ruangan kedua untuk 17 siswa. Isro Miarsih Pengawas MI Kantor Kementerian Kota Semarang melakukan monitoring pelaksanaan UM di MI Al Hikmah Tembalang, Kamis (14/4/2022). Dalam monitoringnya, Isro Miarsih mengatakan bahwa pada hari ke 4 pelaksanaan UM berjalan dengan baik, tertib dan lancar.

“Dari pengamatan langsung, alhamdullilah pelaksanaan UM berjalan dengan sukses,” tutur Isro Miarsih.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala MI Al Hikmah, Sri Zuniati bahwa sampai hari keempat, UM berjalan dengan tertib dan lancar. Semua siswa kelas VI hadir mengikuti ujian madrasah dengan menerapkan protokol kesehatan dan dalam keadaan yang sehat wal afiat.

“Mohon doanya, semoga UM yang dilaksanakan di bulan Ramadhan ini penuh dengan keberkahan,” harap Sri Zuniati.

UM yang dilaksanakan oleh madrasah bertujuan untuk melakukan evaluasunpencapaian standar kompetensi kelulusan untuk semua mata pelajaran.

“UM dimaksudkan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur mutu pendidikan di tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan dan madrasah, serta mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan pada masyarakat,” terangnya.

Senada dengan Kepala Madrasah, guru kelas 6 MI Al Hikmah, Hijriyah, berharap pelaksanaan UM di MI Al Hikmah berjalan dengan tertib dan lancar, dan siswa-siswi mendapatkan hasil terbaik sesuai yang diharapkan, meskipun pelaksanaan UM masih dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKKM. (ZN/SAW/NBA/bd)