Pentasarufan Zakat dari UPZ Kankemenag Kota Semarang kepada Keluarga MILB Budi Asih

Semarang, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang ikut berpartisipasi pada kegiatan khotmil quran yang digelar pada Rabu (20/4/2022) di aula setempat, yaitu dengan menyerahkan zakat kepada 8 guru Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa (MILB) Budi Asih dan 2 siswa yang ikut membawakan hafalan Alquran dalam gelaran tersebut.

Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang menuturkan bahwa penyerahan zakat kepada siswa MILB Budi Asih sebagai wujud apresiasi Kankemenag Kota Semarang terhadap peserta didik yang berprestasi, dan dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada mereka guna meningkatkan kemampuannya, serta menjadi spirit bagi peserta didik lain untuk ikut berprestasi.

“Allah menciptakan mereka dengan kekurangan, tetapi ternyata mereka menyikapi kekurangan itu adalah suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh manusia normal, sehingga mereka termotivasi untuk bisa menjadi lebih baik dari anak-anak lainnya. Kami lihat mereka begitu mandiri dan penuh percaya diri,” tutur Mukhlis Abdillah.

“Yang hebat tidak hanya anak-anak ini, tetapi orang tua dan madrasah ikut berperan besar, maka sudah selayaknyalah kami keluarga besar Kankemenag Kota Semarang memberikan apresiasi,” imbuhnya.

Indra Ariwibowo selaku Kepala MILB Budi Asih mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Kankemenag Kota Semarang. Ia menuturkan bahwa peserta didiknya adalah anak-anak yang tidak hanya berkebutuhan khusus tetapi juga memiliki talenta khusus, oleh karenanya sudah menjadi kewajiban madrasah dan orang tua untuk bisa mengembangkan minat dan bakat anak, agar mereka menjadi generasi yang kuat, mandiri dan berprestasi.

Penyerahan zakat tersebut disaksikan oleh jamaah khotmil quran yang digelar di aula Kankemenag Kota Semarang, yang terdiri dari pejabat struktural dan fungsional tertentu, serta pegawai baik yang bertugas di kantor kota maupun Kantor Urusan Agama (KUA), dan juga orang tua siswa MILB Budi Asih yang ikut mendampingi.

“Selain penyerahan zakat bagi 2 siswa penghafal juz 30, kami juga mentasarufkan zakat kepada 8 guru MILB Budi Asih,” terang Cholidah Hanum selaku Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang.

Seluruh jamaah pun ikut terharu pada saat perwakilan peserta didik dari MILB membacakan lantunan ayat suci Alquran.(Hanum/NBA/bd)