Pesantren Kilat, Siswa MTs Muhammadiyah Kecepit Praktikkan Pemulasaran Jenazah

Banjarnegara- MTs Muhammadiyah Kecepit memanfaatkan momentum Ramadhan 1443 H/ 2022 dengan memperdalam ilmu agama kepada siswa. Hal itu terlihat dengan diadakannya pesantren kilat selama tiga hari yakni hari Kamis 07 April s.d Sabtu 09 April 2022.

Kegiatan pesantren kilat diawali dengan acara pembukaan yang disambut oleh kepala madrasah dan dihadiri oleh dewan guru serta siswa MTs Muhammadiyah Kecepit.

Kepala Madrasah, Wangsit Priyono menyampaikan, kegiatan pesantren ini bertujuan untuk memperdalam ajaran agama tentang ibadah, akhlak untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berpesan kegiatan ini dapat meningkatkan ibadah para siswa serta materi yang nanti disampaikan oleh bapak ibu guru dapat menjadi bekal ilmu yang bermanfaat”, ungkapnya.

Dalam kegiatan pesantren kilat tersebut para siswa dibiasakan untuk salat duha berjamaah, membaca asmaul husna serta membaca Alquran secara serentak yang dipimpin oleh Sisi Setianingrum. Adapun materi pesantren kilat berupa pemulasaran jenazah yakni mulai dari memandikan sampai mensalati jenazah kemudian siswa mempraktikkan mengafani dan mensalati jenazah.

Januar Dwi selaku pengisi materi menyampaikan, tema pemulasaran jenazah dipilih sebab ilmu tersebut harus dimiliki oleh setiap individu untuk diterapkan jika terdapat anggota keluarga maupun tetangga yang meninggal.

“Selain sebagai bekal ilmu, tema tersebut dipilih sebagai pengingat bahwa setiap manusia memiliki ajal dan kematian tidak bisa dihindari”, ungkapnya.

Dalam penyampaiannya pada materi tersebut, siswa terlihat sangat antusias mengikuti bimbingan yang disampaikan oleh bapak ibu guru. (scd/ak/rf)