Puasa Ramadan Bukan Menjadi Alasan Untuk Bermalasan

Banjarnegara–Berbeda dengan guru dan siswa, pegawai MTs Negeri 1 Banjarnegara hanya mendapatkan satu hari libur awal puasa Ramadan yaitu hari Sabtu, 2 April 2022. Terlihat pada Senin (4/4) pegawai MTs Negeri 1 Banjarnegara sudah beraktivitas seperti biasa, dari kepala Tata Usaha sampai satpam. Para pegawai MTs Negeri 1 Banjarnegara memulai pekerjaan mereka di awal Ramadan tahun ini dengan kegiatan solat duha dan tadarus pagi.

Sarwining selaku kepala Tata Usaha MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan bahwa aturan masuk kerja pegawai dan guru memang berbeda.
“Jika guru dan siswa mendapatkan libur awal puasa Ramadan selama 2 hari hingga hari Senin maka hal ini tidak boleh menjadi kecemburuan bagi para pegawai. Aturannya beda, jadi harus dipahami dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” tutur wanita yang akrab disapa Ning ini.

Sarwining juga menambahkan walaupun bekerja dalam keadaan puasa, namun jangan pernah puasa menjadi alasan untuk bermalas-malasan, apalagi sampai menjadikan banyak pekerjaan tertunda dan tidak selesai tepat waktu.

Pegawai MTs Negeri 1 Banjarnegara seluruhnya berjumlah 16 orang yang tersebar dalam 3 ruang. 10 orang di ruang tata usaha, 2 orang di ruang laboratorium komputer, 2 orang di perpustakaan, dan 2 orang di ruang satpam.

Masih menurut Sarwining, di bulan puasa ini pegawai masuk untuk memberikan pelayanan kependidikan seperti biasanya. Dengan waktu rata-rata bekerja 6 jam per hari, pegawai MTs Negeri 1 Banjarnegara siap melayani administrasi kepegawaian dan kesiswaan.

Faisal Yasin, salah satu pegawai yang dalam kesehariannya menjadi operator Emis, operator simak BMN serta mengerjakan beberapa administrasi lainnya menyampaikan bahwa jadwal masuk pegawai memang seperti itu setiap tahunnya di bulan Ramadan.
“Tidak masalah buat saya, hanya libur 1 hari di awal puasa. Justru berpuasa sambil bekerja itu dapat membantu mengurangi rasa lapar karena kita fokus ke pekerjaan. Tau-tau sudah siang,” ungkapnya sambil tertawa. (lin/ak/rf)