Ramadhan, Bulan Saat Matahari Bersinar Terik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh rahmat dan keberkahan. Allah memilih Ramadhan sebagai bulan yang istimewa.

Salah satu nikmat bulan suci Ramadhan adalah diturunkannya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia sepanjang masa. Kitab ini menjadi pengikat seluruh umat Islam di dunia. Ramadhan juga memiliki suatu malam yang sangat tinggi nilainya, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Hal itu sejalan dengan materi kultum yang disampaikan oleh Lulu siswa MTs N 1 Banjarnegara yang di sampaikan di masjid Darul Ulum pada Rabu, (13/4/22). Menurutnya, Pada bulan Ramadhan, Allah Swt. memberikan pahala kepada orang yang melakukan amal ibadah sunah dengan pahala fardu. Orang yang melaksanakan ibadah fardu, pahalanya dilipatgandakan menjadi tujuh kali lipat.

“Pada buku ‘Kesempurnaan Ibadah Ramadhan’, karya Abdul Manan bin Hajji Muhammad Sobari, kata Ramadhan ini adalah bentuk jamaknya Ramadhana. Kata ini berarti sangat terik,” jelas Lulu melalui kultumnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pang Arab memang biasanya memberi nama suatu bulan dengan keadaan yang terjadi pada saat itu. Bulan Ramadhan ini memiliki keadaan cuaca yang sangat panas yang diakibatkan sengatan matahari.

“Sebenarnya, bulan Ramadhan memiliki beberapa nama yang merujuk pada pengertian tertentu. Seperti bulan Syahrullah yang artinya bulan Allah, Syarul ala’i, bulan yang penuh kenikmatan dan limpahan karunia, Syahrul Quran, bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan Al Quran,” ucapnya

Tidak hanya itu, ada juga nama nama lain di bulan suci Ramadhan, salah satunya syahrun najah (bulan kelepasan dari azab neraka), syahrul Jud (bulan keihsanan), syahrul muwasah (bulan perhitungan), syahrut tilawah (bulan membaca Alquran), syahrus sabri (bulan melatih kesabaran), syahrus siyam (bulan berpuasa), dan syahrul rahmah (bulan melimpahnya rahmat Allah Swt).

Mengenai kultum yang disampaikan oleh Lulu, para siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara jadi mengerti sisi lain akan arti dari nama-nama bulan suci ramadan. (ran/ak/rf)