Ratna Ayu: Ujian Praktik Tentukan Kelulusan

Banjarnegara – Berdasarkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021-2022 bahwa kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, minimal mempertimbangkan berbagai macam hal. Beberapa hal tersebut diantaranya menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Berdasarkan point ketiga, MTs Negeri 2 Banjarnegara menyelenggarakan ujian berbasis android dan ujian praktik.

Ratna Ayu Kartika Wulan selaku kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara pada Selasa (5/4) menghimbau kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti ujian praktik, karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan wajib yang diselenggarakan madrasah, karena akan mempengaruhi kelulusan. Berdasarkan pengalaman, peserta didik merasa telah lulus setelah mengikuti ujian tulis atau berbasis android sehingga ada beberapa peserta didik kurang memperhatikan ujian praktik tersebut.

Wakil kepala urusan kurikulum Wangid Sunandar telah memprogramkan mata pelajaran yang diujikan. Mata pelajaran tersebut diantaranya mata pelajaran Al-Quran Hadis, Fikih, bahasa Arab, Tahfiz, PJOK, TIK, dan Seni Budaya. Untuk mata pelajaran agama dilaksanakan saat bulan Ramadan 1443 H. sekaligus sebagai amaliah Ramadan. Sedangkan mata pelajaran umum dilaksanakan setelah libur Idul Fitri 1443 H. Semua peserta didik diwajibkan mengikuti ujian tersebut untuk dapat lulus.

Wali kelas IX I Supriyono menginformasikan kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti agenda tersebut.

“Saya menginformasikan kepada seluruh peserta didik khususnya kelas IX I karena ini merupakan agenda wajib, untuk itu seluruh peserta didik kelas IX dapat mengikuti ujian praktik tersebut. Bagi yang berhalangan belum dapat mengikuti sesuai dengan jadwal dikarenakan sakit masih diberi kesempatan untuk menyusul dengan cara menghubungi guru pengujinya setelah sembuh. Saya harap seluruh peserta didik dapat mengikutinya dengan baik dan mudah-mudahan mereka dapat lulus semua.” pungkasnya. (sup/swp/rf)