Rutinitas di Bulan Ramadan, Satu Hari Satu Juz

Banjarnegara – Pada bulan Ramadan banyak amalan yang dapat dilakukan, yang semuanya akan mendapatkan pahala yang berlipat dari bulan lainnya. Seperti yang dilakukan para guru dan pegawai di MTs Negeri 2 Banjarnegara atau yang dikenal dengan Metrobara. Semua berlomba-lomba untuk menyelesaikan tugas membaca Al Quran yang diberikan oleh Koordinator Pembina Keagamaan.

Pembina Keagamaan Siti Fadhilah pada Selasa (5/4) menyampaikan memberikan penjelasan terkait dengan kegiatan tersebut.

“Setiap guru maupun pegawai diberi tugas untuk menyelesaikan satu juz. Berhubung jumlah guru dan pegawai ada 70 orang maka satu juz dapat dibaca oleh dua orang. Akan tetapi tetap satu orang satu juz,” jelasnya.

Ratna Ayu Kartika Wulan selaku Kepala Madrasah mengharapkan seluruh guru dan pegawai selain membaca yang ditugaskan oleh pembina keagamaan juga diharapkan rutin membaca Al Quran di setiap kesempatan.

“Saya berharap kepada setiap guru dan pegawai selain membaca yang ditugaskan juga membaca Al Quran pada waktu-waktu luang atau di setiap kesempatan, karena ini sangat baik untuk dilaksanakan menjadi agenda rutin di rumah maupun di madrasah apalagi di bulan Ramadan yang kita semua tahu bahwa setiap amalan kita akan dilipatgandakan.” jelasnya.

Wakil Kepala urusan Humas Siswo Purnomo juga menyampaikan hal senada.

“Setiap guru diberi tugas untuk menyelesaikan satu juz, agar di akhir bulan Ramadan nanti diadakan Khotmil Quran bersama peserta didik dan seluruh peserta didik juga diberi tugas yang sama walaupun mungkin ada yang khatam, ada yang tidak, tergantung peserta didik tersebut dapat menyelesaikan atau tidak, akan tetapi semua diberi tugas dan tanggung jawab bukan hanya guru dan pegawai saja.” pungkasnya. (nf/swp/rf)