Sampaikan Manfaat Sholat Berjamaah, Neila: Pahalanya Sampai Ke Surga

Banjarnegara – Selasa, (19/4/22) bertempat di masjid Darul Ulum MTs N 1 Banjarnegara, Neila perwakilan dari OSIM menyampaikan kultum yang bertemakan manfaat salat berjamaah kepada siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara.

Sebagaimana diketahui, salat merupakan rukun Islam kedua yang memiliki kedudukan tinggi dalam agama ini. Terlebih dalam salat berjamaah yang dilakukan oleh seorang mukmin, ada beragam tujuan yang akan menghasilkan kebaikan pada dirinya.

“Nah sangat indah bukan ketika seseorang melaksanakan salat berjamaah. Dan tuhan akan disiapkan surga baginya,” tandas Neila.

Lebih lanjut, Neila juga menyebut bahwa dengan melaksanakan salat berjamah, seseorang akan mendapatkan 27 derajat lebih baik. Hal itu terdapat dalam HR Al-Bukhari yang artinya; ‘Salat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada salat sendirian.’

“Gini nih teman-teman, seandainya kalian salat di rumah kalian, sebagaimana orang yang menganggap remeh dengan salat di rumahnya, maka ini berarti kalian telah meninggalkan sunnah (ajaran) Nabi kalian. Seandainya kalian meninggalkan sunnah Nabi kalian, niscaya kalian akan sesat.” lanjut Neila mengacu pada HR. Muslim.

Di akhir kultumnya, Neila menyampaikan bahwa salat berjamaah juga bertujuan untuk mendapat pahala yang berlipat ganda, menaikkan derajat seseorang dan malaikat bershalawat kepadanya. Sebab, salah satu kegiatan ibadah mengandung unsur kebersamaan dan sekaligus ketaatan. Di samping itu juga, salat berjamaah tidak ada perbedaan ras, status sosial, usia dan suku. Semuanya sama, semuanya memiliki hak yang sama untuk berada di shaf (barisan) terdepan. (ran/rf)