Semarak Ramadhan di SMP Purnama 1 Semarang

Semarang, Kegiatan Ramadhan di SMP Purnama 1 Semarang tahun ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelum masa pandemi covid-19.

Meskipun Ramadhan tahun ini masih dalam masa pandemi, hal ini tidak mengurangi keceriaan dan kemeriahan suasana pelaksanaan Ramadhan di SMP Purnama 1 Semarang, yang berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 12-14 April 2022.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah, Teguh Wijayanto. Dalam sambutannya ia mengimbau kepada guru dan siswa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam berbagai kegiatan Ramadhan.

“Meskipun Ramadhan tahun ini masih dalam masa pandemi, anak-anak tetap harus semangat dalam mengikuti kegiatan Pesantren dan Lomba Ramadhan, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya pada Selasa (12/4/2022) yang disampaikannya kepada peserta Pesantren Ramadhan di wilayah SMP Purnama 1 Semarang.

Kegiatan Pesantren Ramadhan yang berlangsung selama 3 hari, diisi dengan kegiatan shalat dhuha, membaca shalawat tilawatil quran dan kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Qodir yang memberikan nasehat dan ceramah tentang keagamaan, serta kegiatan lomba-lomba, seperti lomba adzan, hafalan surah pendek, dan lomba foto dan video bertema Ramadhan.

Pada bagian lain, Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Aidha Aprilia Puji Lestari mengatakan bahwa kegiatan Lomba Pesantren Ramadhan dilaksankan dalam rangka melatih kemandirian dan keberanian siswa untuk mengasah talenta terutama di bidang islami,” tutur Aidha kepada pewawancara yang disampaikan di kampusnya pada Kamis (14/4/2022).

Lomba Pesantren Ramadhan diikuti oleh hampir semua peserta didik SMP Puranama 1 Semarang.

Lomba adzan untuk juara I dimenangkan oleh Aril Bogi Mahendra kelas VII, juara II diraih oleh Renno Septian Dwijaya kelas VIII, juara III dimenangkan oleh M. Devan Ajie S kelas IX. Sedangkan untuk lomba hafalan surah pendek juara I diraih oleh M. Devan Ajie S kelas IX, juara II dimenangkan oleh M. Ardian Wiyono kelas VIII, dan juara III diraih oleh Nur Silvia Rizqiya kelas VIII. Sementara untuk lomba foto dan video bertema ramadhan juara I dimenangkan oleh Cinta Defani Ayu S. kelas VII, juara II dimenangkan oleh Aliffian Adli Fajri S. kelas VII, dan juara III dimenangkan oleh Dhimas Alvino Romeriz kelas VII.

Semua pemenang mendapatkan sertifikat penghargaan dan hadiah menarik dari sekolah. Juri untuk semua lomba ramadhan adalah guru–guru dari SMP Puranama 1 Semarang.

Kegiatan Pesantren Ramdhan dan Lomba Ramadhan ditutup oleh Kepala sekolah, yang menyampaikan pesan agar anak-anak meningkatkan ibadahnya di bulan Ramadhan.

“Anak-anak harus lebih meningkatkan ibadah apalagi ini di bulan Ramadhan, bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan,” imbaunya. Keluarga besar SMP Purnama 1 Semarang berharap agar pandemi segera berakhir dan kegiatan semarak ramadhan bisa terus terlaksana pada tahun-tahun selanjutnya.(Faojin/NBA/bd)