Siapkan Perpustakaan Digital, MTs N 3 Banjarnegara Gandeng Kanwil Kemenag Jateng

Banjarnegara – Dunia perpustakaan semakin hari semakin berkembang dan bergerak ke depan. Perkembangan dunia perpustakaan ini didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya yang telah merambah ke berbagai bidang. Hingga saat ini tercatat beberapa masalah di dunia perpustakaan yang dicoba didekati dengan menggunakan teknologi informasi. 

Perpustakaan  mulai dialihmediakan ke bentuk elektronik yang lebih tidak memakan tempat dan mudah ditemukan kembali. Ini adalah perkembangan mutakhir dari perpustakaan, yaitu dengan munculnya perpustakaan digital (digital library)  yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer (internet).

Demi menyiapkan perpustakaan digital MTs Negeri 3 Banjarnegara bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah (Kanwil Kemenag Jateng) guna pendampingan madrasah dalam mempersiapkan perpustakaan digital, Selasa (12/04).

Asyik Junaidi Staf Penmad Kanwil Kemenag Jateng menyampaikan, MTs Negeri 3 Banjarnegara adalah MTs pertama yang meminta pendampingan kanwil.

“MTs Negeri 3 Banjarnegara merupakan MTs pertama yang meminta pendampingan ke kanwil Kemenag Jateng, ini merupakan hal yang positif karena MTs tersebut berarti benar-benar memikirkan dan mementingkan guna mempersiapkan perpustakaan digital bagi siswa. Dengan langkah yang di ambil MTs Negeri 3 Banjarnegara merupakan langkah yang sangat positif dan bisa jadi contoh untuk madrasah-madrasah lain khususnya dalam mempersiapkan perpustakaan digital,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini kanwil Kemenag Jateng menggandeng Itmamudin  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, beliau hadir guna memberikan arahan dalam segala hal yang harus disiapkan ketika membuat perpustakaan digital.

“Perpustakaan digital tidak serta merta bisa langsung jadi begitu saja, ada beberapa hal yang harus di siapkan diantaranya ialah pertama Menentukan ruang perpustakaan (strategis mudah di akses, dan memenuhi standar minimal ruang perpustakaan), kedua membuat desain perpustakaan guna memudahkan dalam pengembangan, ketiga sarana dan prasarana, keempat system informasi perpustakaan, kelima menentukan aplikasi digital, terakhir membuat spot-spot digital bagi siswa,” terangnya.

Natir selaku kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara menyampaikan, terima kasihnya atas arahan dan pendampingan dari Kanwil Kemenag Jateng. “terima kasih kepada Asyik Junaidi perwakilan Kanwil Kemenag Jateng dan Itmamudin  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang berkenan hadir ke MTs Negeri 3 Banjarnegara guna memberikan arahan dan pendampingan dalam mempersiapkan perpustakaan digital,” ucapnya. (ar/ak/rf).