Siapkan Pesantren Ramadan 1443 H, MTs Negeri 1 Banjarnegara Adakan Rapat Dinas

Banjarnegara – Persiapan pembelajaran di bulan Ramadan, guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara mengadakan rapat dinas untuk mengoordinasikan kegiatan selama Ramadan, Jum’at,(1/4). Tidak seperti hari-hari biasa, selama bulan Ramadan, kegiatan pembelajaran diisi dengan materi untuk meningkatkan iman dan takwa siswa-siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Diawali dengan pengarahan dari Eko Widodo yang menyampaikan bahwa tugas guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara adalah sebagai abdi negara. Sebagai abdi negara sudah sepantasnya melayani siswa dengan maksimal. Beliau juga mengajak guru dan karyawan untuk bermimpi dan berharap besar demi kemajuan MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Mari kita sambut Ramadan dengan penuh bahagia dan gembira. Barang siapa yang menyambut Ramadan dengan bahagia insya Allah ganjarannya surga,” lanjut Eko Widodo.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan teknis kegiatan selama bulan Ramadan oleh Abdul Majid, Menteri Agama MTs Negeri 1 Banjarnegara. Abdul Majid menjelaskan teknis Ramadan sebagai berikut.

  1. Kegiatan diawali dengan salat duha, doa, dan tadarus bersama di masjid Darul Ulum
  2. Pembelajaran dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama akan diisi oleh wali kelas, sesi kedua diisi oleh guru lain dengan materi yang berbeda dari sesi 1 diselingi dengan istirahat.
  3. Materi sesi 1 mengacu pada buku panduan Ramadan yang dibagikan kepada masing-masing siswa. Sedangkan sesi 2 materi diserahkan kepada masing-masing guru.
  4. Setelah pembelajaran selesai siswa kembali berkumpul di masjid untuk mendengarkan kultum dan salat dzuhur berjamaah.
  5. Akan ada penyampaian kultum dari siswa. Masing-masing wali kelas untuk menyiapkan dua siswa, 1 putra dan 1 putri.

“Mari kita saling bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan selama bulan Ramadan. Selain kultum dari siswa ada wacana bapak/ibu guru juga akan menyampaikan kultum bergantian dengan siswa,” pungkas Abdul Majid. (rin/rf)