Siswa MIMAU Kenali Benda Hidup Dan Tak Hidup Di Lingkungan Madrasah

Banjarnegara – Dalam kegiatan belajar mengajar, guru dituntut melakukan upaya yang kreatif dan inovatif agar pembelajaran terasa menyenangkan dan lebih variatif. Di MI Ma’arif Unggulan Al Falah Joyokusumo (MIMAU), pada pembelajaran Tematik Kelas IB materi muatan Bahasa Indonesia membahas tentang Benda Hidup dan Tak Hidup dilakukan di luar Kelas / outdoor.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Pada Selasa (5/4). Siswa Kelas IB yang berjumlah 26 semua sangat antusias mengikuti pembelajaran tersebut. Tempat yang dijadikan pengamatan tak jauh –jauh dari Madrasah, masih berada di lingkungan Madrasah. Ruang Kelas I B yang terletak dilantai 2 menjadikan lebih mudah untuk pelaksanaan pengamatan. Karena dari lantai 2 siswa dapat melihat burung – burung yang beterbangan di langit, melihat pepohonan, bahkan pegunungan. Tak hanya itu , siswa juga dapat mengamati benda-benda di sekitar mereka.

Berdasarkan pengamatan, mereka menjadi lebih paham mengenai perbedaan benda hidup dan benda tak hidup. Siswa dapat menyebutkan benda – benda yang ada di sekitar mereka, kemudian mereka bedakan antar benda hidup dan benda tak hidup.

“Dengan langsung pengamatan seperti ini saya jauh lebih senang dan paham, selain itu ternyata belajar itu sangat menyenangkan apalagi dilaksanakan di luar kelas,” ucap Haqin salah satu siswa IB.

Setelah selesai pengamatan, siswa menyebutkan ciri – ciri benda hidup dan benda tak hidup. Beberapa siswa menyebutkan benda hidup merupakan benda yang bernafas dan memerlukan makan serta minum. Sedangkan benda tak hidup benda yang diam tidak dapat bergerak, tidak bernafas dan tidak memerlukan makanan.

“Alhamdulillah, saya melihat anak – anak sangat gembira ketika kami ajak keluar kelas mengamati apa – apa yang ada di sekitarnya, mereka berebut menjawab pertanyaan yang saya ajukan. Itu tandanya mereka sangat antusias,” ucap Anis wali Kelas IB. (an/wk/rf)