Stimulasi Perkembangan Anak Melalui Kegiatan Bermain di RA Al Fitrah Kota Semarang

Semarang – Kepala RA Al Fitrah Kecamatan Tembalang Kota Semarang, Siti Nur Azizah mengatakan, satuan pendidikan yang dipimpinnya siap menyuguhkan pembelajaran menyenangkan pada anak didikanya, yakni dengan menstimulasi setiap aspek perkemnbangan anak melalui kegiatan bermain.

“Stimulasi aspek perkemnbangan anak melalui kegiatan bermain itu selalu mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI). Terlebih, RA Al Fitrah merupakan satuan pendidikan PAUD berbasis pesantren,” papar Siti Nur Azizah, saat memberikan laporan di kantornya, Senin (25/4/2022).

Siti Nur Azizah memberikan laporan tindak lanjut hasil pembinaan, pembimbingan dan coaching clinic yang dilakukan melalui video conferrence oleh pengawas madrasah Kemenag Kota Semarang, Amhal Kaefahmi, pada hari Kamis lalu. Saat itu, Amhal memberikan pembinaan yang mengusung tema “Refleksi Pembelajaran Guru.”

“Pembinaan yang disampaikan oleh Bapak Amhal Kaefahmi dan coaching clinic pada satuan pendidikan, baik RA maupun MI sangatlah baik, karena sebagai inovasi baru dalam pembinaan yang subtansinya sangat dibutuhkan,” tambah Siti Nur Azizah

Sementara itu, pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Semarang, Amhal Kaefahmi menegaskan, untuk mendapatkan umpan balik agar pelaksanaan pembelajaran berikutnya lebih baik, diperlukan refleksi dari guru dengan melihat pelaksanaan pembelajaran yang lalu sebagai ajang evaluasi diri.

Menurut Amhal Kaefahmi, dalam pelaksanaan pembelajaran yang bermutu, sebenarnya siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan guru yang bahagia. Sebab, guru yang bahagia akan membuat mereka bersemangat datang ke sekolah/madrasah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.

“Guru yang bahagia itu harus dikuatkan oleh pengawas madrasah dengan model pegawasan yang menyenangkan. Pengawas yang hadir sebagai solusi, bukan sebagai momok bagi guru dan kepala madrasah (Kamad),” jelas Amhal Kaefahmi, penuh semangat.

Dalam paparan pembinaannya, Amhal Kaefahmi menayangkan beberapa dokumen foto hasil monitoring maupun supervisi pembelajaran yang telah dilakukan. Dari foto dan video yang ditayangkan, dia minta tanggapan dari partisipan guru dan Kamad untuk perbaikan selanjutnya.

Saat melaksanakan pembinaan, pembimbingan, dan pelatihan, Amhal Kaefahmi sering memberikan refleksi melalui coaching clinic (pelatihan singkat) pembelajaran di halaman satuan pendidikan, baik RA maupun MI. Pembinaan dan refleksi tidak selalu dilaksanakan di ruangan tetapi sering dilakukan dengan cara santai di halaman.(Amhal Kaefahmi/bd)