Tarling Walikota Bersama Forkompimda, Kepala OPD, Ormas Islam di Kankemenag Kota Semarang

Semarang, Rabu (20/4/2022) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang gelar kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) Walikota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan masyarakat Kota Semarang.

Ikut pula seluruh jajaran Kankemenag Kota Semarang dari mulai pejabat struktural di lingkungan kantor kota, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, penghulu, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta, guru, penyuluh agama Islam, pengawas madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI), serta pegawai baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), pada kegiatan yang digelar di aula Kankemenag Kota Semarang tersebut.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kankemenag Kota Semarang dan Pemerintah Kota Semarang, dan diikuti kurang lebih oleh 250 jamaah.

Hendrar Prihadi, Walikota Semarang hadir tepat sebelum azan isya dikumandangkan, dan disambut ramah oleh Mukhlis Abdillah Kepala Kankemenag Kota Semarang yang didampingi Kepala Seksi (Kasi) dan Penyelenggara (Gara). Begitu pun sambutan terhadap tamu undangan lainnya, seperti Kapolrestabes, Ketua Pengadilan Negeri, Dandim, Ketua Pengadilan Agama Semarang, Muspika Ngaliyan, Lurah setempat, serta perwakilan dari Ormas Islam Kota Semarang.

Tepat pukul 18.45 WIB Sunar penghulu KUA Kecamatan Semarang Utara mengumandangkan azan isya sebagai pertanda masuknya waktu shalat. Jamaah baik internal maupun tamu undangan bergegas menuju ke ruang aula Kankemenag Kota Semarang.

Kegiatan shalat tarawih diawali dengan shalat isya berjamaah dan ditutup dengan shalat witir. Bertindak selaku imam dan penceramah KH. Ahmad Hadlor Ihsan, Pimpinan Pondok Pesantren Al Islah Mangkang, sedangkan H. Suparwito selaku bilal.

Nampak barisan shaf shalat rapi berjajar, jamaah laki-laki berada di barisan depan, dan jamaah wanita berbaris di belakangnya.

Selepas pelaksanaan shalat tarawih, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaikan tausiyah oleh KH. Ahmad Hadlor Ihsan. Pada kesempatan tersebut, Kepala Kankemenag Kota Semarang selaku tuan rumah menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jamaah yang mengikuti shalat tarawih di lingkungannya.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan sukses, serta mengalir apik dalam panduan Master of Ceremony (MC) Rahmat Hidayat penyuluh agama Islam Kankemenag Kota Semarang. Dalam gelaran kegiatan ini, sebagain besar jamaah berbusana putih dan mengenakan masker. Sebagai tuan rumah, Kankemenag Kota Semarang juga telah menyediakan tempat-tempat cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa titik.(Dintha/Arya/NBA/bd)