Tingkatkan Kemampuan Numerik Peserta Didik, Guru Matematika Madtsansa Ikuti Sosialisasi Platform Alef

Banjarnegara – Kegiatan Diseminasi Daring Penggunaan Platform Alef Untuk Guru Matematika MTs Se Jateng DIY mulai digelar sejak Senin, 11 April hingga Kamis, 14 April 2022. Jika hari Senin adalah kegiatan pembukaan maka mulai hari Selasa hingga Kamis dimulailah kegiatan sosialisasi Platform Alef dan Fitur Dasar.

Kabupaten Banjarnegara terjadwal mendapatkan sosialisasi pada hari Rabu (13/4) untuk sesi pertama jam 08.00-10.00 wib. Guru matematika MTs Negeri 1 Banjarnegara sejumlah 6 orang, secara terpisah berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut.

Menghadirkan 3 pembicara yaitu Dwi Rudy Ardianto dan Ignatia Dwi Lenggani, keduanya merupakan Alef Success Coach dan Ernawati seorang guru champion dari MTs N 1 Tegal. Dengan sabar ketiganya mendampingi seluruh peserta dalam zoom meeting.

Kegiatan zoom meeting diawali dengan membuat akun di platform Alef dari seluruh peserta. Dengan memasukkan nama, alamat email, kode akses dan password  maka semua peserta akan dapat melakukan login untuk memulai menggunakan seluruh fitur yang disediakan.

Dwi Lina Rahmawati, salah satu guru matematika kelas VIII menyampaikan bahwa di awal  penggunaan platform Alef ini memang butuh kesabaran dan ketelatenan.

“Sebelum menggunakan platform Alef ini, kita harus menyiapkan alamat email dan password untuk seluruh siswa dari semua kelas yang kita ajar. Dan ini memang memakan waktu yang tidak sebentar karena  kita harus menginput satu-satu. Terlebih untuk guru yang mengajar dengan jumlah kelas yang banyak. Tapi setelah menyelesaikan satu kelas, berikutnya akan jauh lebih lincah karena kita pasti sudah menemukan polanya,”  tuturnya.

Sementara Estu Dyah Fitriani, yang tahun lalu sudah pernah menggunakan platform Alef saat mengajar kelas VII mengakui bahwa platform ini sangat membantu guru dalam mengajar matematika.

“Kesan yang saya tangkap ketika anak-anak menggunakan platform Alef ini adalah mereka sangat menikmati. Tersedianya konten berupa video pendek, games dan alat penilaian membuat anak-anak seperti tidak sadar sedang belajar. Menurut mereka seperti sedang main games,” ungkapnya menjelaskan.

Senada dengan Yuniyati, guru matematika kelas IX MTs Negeri 1Banjarnegara yang menurutnya platform Alef ini memang sangat menarik.

“Meskipun saya belum menggunakannya, tapi melihat semua fitur yang disediakan dengan lengkap dari beranda, materi, penilaian berbentuk games, analisis, siswa hingga manajemen kelas, saya optimis platform Alef ini akan dapat meningkatkan minat belajar matematika bagi seluruh peserta didik,” terang Yuni di akhir kegiatan sosialisasi.

Platform Alef menyajikan konten digital untuk dengan metode GASING yang digunakan sebagai dasar pembelajaran. Metode GASING dirancang untuk mendukung pengembangan keterampilan matematika dengan menjadikan matematika menyenangkan, mudah dan menyenangkan (slogan: Gampang, Asyik, dan Menyenangkan atau “GASING”).

Metode GASING mengembangkan penguasaan melalui tiga tahap pengembangan keterampilan: konkret, abstrak, dan mencongak. Pada tingkat ‘konkret’, siswa mengeksplorasi konsep dasar. Pada tingkat ‘abstrak’, contoh konkret diubah menjadi simbol Matematika abstrak. Pada tingkat ‘mencongak’, siswa belajar memecahkan masalah tanpa alat bantuan. Ini merangsang pemrosesan mental kedua belah otak. Area perkembangan ini meningkatkan perkembangan keterampilan afektif, psikomotor, dan kognitif. Metode GASING mendukung siswa menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan berpikir kritis untuk membantu mereka sukses di masa depan. (lin/rf)