UM (Ujian Madrasah) Siswa Kelas VI Tahun Ini Lebih Menantang

Kegiatan belajar siswa kelas 6

Semarang- MI Husnul Khatimah telah menentukan tanggal dilaksanakannya UM (Ujian Madrasah) sesuai kaldik madrasah semester genap tahun pelajaran 2021-2022 yaitu pada tanggal 11-19 April mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada ujian madrasah tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan sehingga ujian kali ini lebih menantang dari sebelumnya. Pasalnya anak-anak dalam kondisi menahan lapar dan dahaga harus mengerjakan dengan fokus dan teliti soal-soal Ujian Madrasah.

Persiapan yang dilakukan anak-anak satu minggu sebelum UM berlangsung adalah belajar kisi-kisi untuk UM (Ujian Madrasah). Meskipun dalam keadaan puasa, anak-anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Dimulai dengan doa rutin sebelum memulai pembelajaran, dan membaca surat-surat pendek dalam al Quran. Tujuannya agar anak terbiasa mengawali kegiatan apapun dengan doa dan selalu mendekatkan diri pada sang Pencipta.

Selama pembelajaran berlangsung, siswa selalu aktif dan antusias menjawab setiap pertanyaan yang diberikan guru. Jadi, puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Di tengah pembelajaran, anak-anak diberikan waktu kurang lebih 30 menit untuk istirahat. Pada saat inilah anak bisa bercengkrama dengan teman-temannya maupun membaca buku di perpustakaan. Madrasah juga menyuarakan lagu-lagu islami dan bacaan al Quran agar suasana Ramadhan semakin terasa.

“Tidak terasa seperti puasa Bu, kalau di madrasah.” ujar Rahma siswi kelas VI A.6/4/2022

“Saya lebih suka berangkat sekolah dari pada di rumah saja selama Ramadhan” komentar Bayu siswa VI B.

Guru telah menanamkan dalam diri anak untuk lebih fokus dan sungguh-sungguh apabila ingin berhasil dalam mengikuti UM dan kelulusan.

Guru kelas 6 MI Husnul Khatimah, Suyadi mengatakan, kunci keberhasilan adalah keseriusan. Apabila anak-anak menginginkan berhasil dalam UM dan kelulusan maka mereka harus bersungguh-sungguh.

“Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil nantinya” motivasi Suyadi setiap pagi sebelum belajar berlangsung.

Motivasi ini penting adanya untuk selalu memberikan semangat pada anak-anak. Meskipun dalam keadaan puasa, mereka tetap semangat untuk dapat mengikuti UM nantinya. Semoga MI Husnul Khatimah diberikan kelancaran dan keberkahan bulan Ramadhan untuk persiapan UM dan Kelulusan siswa- siswinya.

(Aris Septiyani/Sukirman/bd)