UPZ Kemenag Kota Semarang Distribusikan 2000 Lembar Jadwal Imsakiyah

Semarang, Jadwal Imsakiyah Ramadan adalah jadwal puasa yang terperinci selama bulan suci Ramadan. Imsakiyah ini memuat informasi mengenai shalat lima waktu dan jam berbuka puasa serta dimulainya puasa setiap hari selama bulan Ramadan.

Istilah Imsakiyah berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “puasa”.

Senin (4/4/2022) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang membagikan jadwal imsakiyah 1443 H/2022 M kepada pegawai di lingkungan Kemenag, baik pada kantor kota, Kantor Urusan Agama (KUA) maupun madrasah.

Selain itu, jadwal imsakiyah yang dibuat oleh UPZ, juga dibagikan kepada masjid dan mushala melalui penyuluh agama Islam.

“Jadwal imsakiyah yang kami buat bersumber dari Bimasislam.kemenag.go.id,” terang Hanum

“Kami cetak jadwal imsakiyah sebanyak 2000 eksemplar. Jumlah tersebut sudah melalui proses perhitungan sebelumnya, sehingga insya Allah pencetakan jadwal imsakiyah cukup dan bermanfaat,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa setiap pegawai memperoleh jadwal imsakiyah lebih dari satu dengan tujuan untuk bisa dibagikan kepada saudara atau tetangga atau bahkan tempat ibadah di sekitarnya yang membutuhkan.

“Kami buat dua ukuran, yang satu ukuran folio sebanyak 1000 lembar, sedangkan yang besar kami buakan ukuran A3 sebanyak 1000 lembar pula, tujuannya biasanya kalau yang sepuh kan lebih suka melihat tulisan yang besar, lebih mudah terbaca,” tutur Hanum.

Dalam jadwal imsakiyah yang dibuat oleh UPZ, menampilkan logo Kemenag, logo UPZ, logo tagline atau slogan serta berbagai alamat media sosial (medsos) Kemenag Kota Semarang.

Eko Saraswati dan Sri Yunianto Anwar pegawai pada Penyelenggara Zakat dan Wakaf membantu Hanum membagikan jadwal imsakiyah kepada masing-masing unit kerja pada Kemenag Kota Semarang.

Kegiatan ini pun mereka dokumentasikan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dalam pelaporan pengelolaan dana UPZ Kemenag Kota Semarang.(Wati/Hanum/NBA/bd)