YPI Tarbiyatul Khairat Berikan Pendidikan Karakter Kepada Peserta Didik

bertajuk Pendidikan Karakter Melalui Pembagian Zakat Fitrah. Kegiatan dimaksud dilaksanakan pada Sabtu (23/4), di halaman MI Tarbiyatul Khairat.

Dalam gelaran tersebut, dilakukan penyaluran zakat fitrah dari siswa MI Tabiyatul Khairat dan TK Tarbiyatul Athfal kepada anak yatim dan kaum duafa di sekitar madrasah.

Siswa kelas 4, 5 dan 6 memberikan secara langsung zakat fitrah dimaksud kepada para mustahik.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh siswa MI Tarbiyatul Khairat.

Dalam kegiatan tersebut, Ustad Ahmad Haris hadir memberikan tausiyah, yang menyampaikan tentang anjuran bersedekah. “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, atau orang yang bersedekah lebih baik dari orang yang menerima,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menekankan pentingnya bersedekah, tidak hanya bagi orang yang mampu tetapi juga bagi meraka yang hidup dalam keadaan serba kekurangan. “Bagi orang yang kurang mampu tetaplah bersedekah. Sedekah bisa dengan membaca tasbih, tahmid, dan amal solih lainnya,” pesan Ustad Ahmad Haris.

Hadir pula H. Zubaidi selaku Ketua YPI Tarbiyatul Khairat. Dalam sambutannya ia menyampaikan makna kebersamaan. “Dengan berbagi, kita dapat merasakan betapa nikmatnya bisa bersama dengan anak yatim dan kaum duafa di sekitar madrasah,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan semacam ini dapat mempererat silaturahmi serta memberikan keberkahan bagi seluruh pihak. “Semoga pertemuan ini dapat menjadi ajang silaturahim, saling memaafkan antara warga dengan YPI Tarbiyatul Khairat, dan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,” lanjutnya

Selepas itu, diadakanlah sholat magrib berjamaah dan dilanjutkan dengan penyerahan  zakat fitra kepada 45 anak yatim dan 90 kaum duafa.

Pada bagian lain, Nur Chasanah Kepala MI Tarbiyatul Khairat menyampaikan harapannya, dengan gelaran ini dapat memberikan pesan moral kepada peserta didik akan pentingnya berbagi dengan sesama. “Kami berharap melalui kegiatan ini, bisa menanamkan karakter kepada anak didik, bahwa dengan melaksanakan perintah Allah SWT yaitu berzakat dan bersedekah, bisa memberikan kegembiraan dan membesarkan hati saudara-saudara kita,” harapnya. (EMY/SAW/NBA/bd).