Bulan Syawal, Siswa Diajak Menebar Kebaikan dan Saling Memaafkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Hari pertama masuk sekolah SDN Sembungharjo 02 adakan kegiatan Halal Bihalal di halaman sekolah, Kamis (12/5/2022). Seluruh warga sekolah berdiri di halaman sekolah. Siswa-siswi sangat senang mengikuti rangkaian acara halal bihalal.

Acara dipandu oleh Yamhari, salah satu guru SDN Sembungarjo 02. Kepala Sekolah dalam sambutannya menyampaikan tentang beberapa peristiwa penting pada bulan Mei. “Anak-anak, ketahuilah bahwa 2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan 5 Mei 2022 merupakan Hari Jadi Kota Semarang ke-475,” tuturnya.

Dalam sambutannya ia mengingatkan kepada siswa-siswi agar lebih giat belajar dan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), karena saat ini masih dalam masa pandemi.

Erliska siswa kelas VI mewakili rekan-rekannya menyampaikan permohonan maaf kepada guru dan karyawan sekolah. “Kami siswa-siswi SDN Sembungharjo 02 mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M dan mohon maaf lahir dan batin,” ujarnya.

Permohonan ini pun ditanggapi oleh perwakilan sekolah, Jayuli. “Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang tak luput dari khilaf dan dosa. Kami Bapak/Ibu guru dan juga karyawan sekolah menyampaikan ucapan yang sama, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M bagi anak-anak yang merayakan, serta mohon maaf lahir dan batin,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan lantunan shalawat nabi oleh seluruh peserta kegiatan.

Pada acara halal bihalah tersebut, diisi dengan penyampaian kultum oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yang menyampaikan pentingnya 2 hal yang selalu diingat dalam hidup.

“Perlu diperhatikan ada 2 hal yang harus  selalu diingat yaitu kebaikan orang lain terhadap kita dan kesalahan kita kepada orang lain. Dan 2 hal yang harus cepat-cepat kita lupakan, yaitu kebaikan kita terhadap orang lain dan kesalahan orang lain terhadap kita,” tuturnya.

“Oleh karenanya di bulan Syawal ini marilah kita saling berbuat kebaikan dan saling memaafkan. Jangan ada dendam diantara kita,” imbuhnya.

Kegiatan ditutup dengan doa dan diakhiri dengan bersalam- salaman.(Faojin/NBA/bd)