Gelaran Halal Bihalal di SMP Sepuluh Nopember 2 semarang

Semarang, Rabu (11/5/2022) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sepuluh Nopember 2 Semarang, menggelar acara halal bihalal bertempat di Masjid Mubarok Hadza Laila kompleks sekolah.

Acara berlangsung sederhana, namun khidmat, demikian disampaikan Wayudi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Kantor Kementerian Agama Kota Semarang yang ikut dalam gelaran tersebut. “Semua siswa, guru, serta karyawan sejumlah kurang lebih 297 orang hadir dalam acara halal bihalal di sekolah,” ujarnya.

Acara diawali pembacaan kalam Ilahi oleh siswa, dilanjutkan hafalan surah-surah pendek dalam Alquran oleh beberapa siswa yang ditunjuk secara spontan dalam rangka menumbuhkan karakter berani tampil.

Pada kesempatan ini, Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Hanung siswa kelas 8, mewakili siswa menyampaikan permohonan maaf kepada para pengajar di lingkungan SMP Sepuluh Nopember 2.

Hadir pula Nur Asiyah Wakil Kepala Sekolah, dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya saling memaafkan. “Sebagai manusia biasa, tentu baik guru maupun siswa tak luput dari khilaf, oleh karenanya marilah kita saling memaafkan, karena tidak ada guna menyimpan dendam, hanya akan mengotori hati dan pikiran kita. Hidup secara harmonis, rukun akan membawa dalam kedamaian dan kebahagiaan,” tuturnya.

Yang menarik, dalam acara tersebut, ada salah satu guru yang memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil mengisi acara, dengan memberikan angpao lebaran. Ia menuturkan, hal ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah dan berani tampil di setiap even yang ada, baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun penyelenggara lainnya.

Puncak acara diisi dengan penyampaian tausiah oleh ustad Mas’ud  Ahmad, yang merupakan Kepala Sekolah SMP Sepuluh Nopember 2 Semarang. Dalam tausiahnya, ia mengajak kepada keluarga besar sekolah untuk selalu berbuat kebaikan kepada sesama. “

Sebagai manusia yang bertakwa, kita harus selalu berbuat baik kepada sesama,  berbagi rejeki baik diwaktu lapang maupun sempit, serta ikhlas memberi maaf kepada 

yang berbuat salah kepada kita,” tuturnya.

Mas’ud Ahmad juga menyampaikan harapan agar keluarga besar SMP 2 Sepuluh Nopember Semarang dapat dipertemukan kembali dengan Ramadhan yang akan datang dan kembali bisa bersilaturahmi dan berhalal bi halal.

Kegiatan diakhiri dengan mushofahah, berjabat tangan.(Wayudi/NBA/bd)