Hari Pertama Masuk Kerja, Kankemenag Kota Semarang Gelar Apel Bersama

Semarang, Senin pertama selepas libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M, digelarlah apel pagi di halaman Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang (9/5/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penghulu, pengawas madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI), penyuluh, pegawai, perwakilan guru, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dan siswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, berjumlah kurang lebih 160 orang.

Rachmad Pamudji Kasubbag TU menyampaikan bahwa kegiatan apel pertama pada bulan Syawal ini tidak diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Semarang, karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Mengingat masih dalam masa pandemi, guna tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), maka peserta apel hanya diikuti oleh ASN dan non ASN di lingkungan kantor kota dan KUA, serta Kepala Madrasah Negeri,” terangnya.

Ia juga menuturkan bahwa dalam undangan yang dibuatnya, peserta apel wajib menggunakan masker dan dalam keadaan sehat.

Apel pagi diawali dengan pembacaan 5 nilai budaya kerja Kemenag, slogan Kankemenag Kota Semarang, penyampaian amanat oleh pembina apel dan dilanjutkan dengan bersalaman antar peserta apel.

Adapun petugas apel merupakan kolaborasi dari berbagai satuan kerja, seperti Sri Yunianto Anwar pegawai pada Penyelenggara Zakat dan Wakaf yang bertindak selaku komandan apel, Abdur Rozaq pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam yang bertugas memimpin pembacaan 5 nilai buadaya kerja Kemenag dan slogan Kankemenag Kota Semarang, serta Rustomo penyuluh agama Kristen sebagai petugas dokumentasi.

Antusiasme peserta kegiatan dalam mengikuti gelaran apel pertama pada bulan Mei ini dikarenakan bersamaan dengan bulan Syawal, yang dijadikan sebagai momen untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan.

“Sudah 2 tahun berturut-turut, kami tidak ikut kegiatan apel pertama di bulan Syawal. Hari ini alhamdulillah masih diberikan kesempatan dan kesehatan untuk bisa bersua dengan rekan-rekan sambil saling bermaafan,” tutur Khozanah pegawai KUA Kecamatam Semarang Barat.

“Semoga semua sehat-sehat selalu, pandemi juga segera berakhir, sehingga kita bisa beraktivitas seperti dulu lagi,” ujarnya.(Rus/NBA/bd)