Jelang Tri Suci Waisak, Penyelenggara Buddha Laksanakan Safari Dhamma

Kota Mungkid – Penyelenggara Bimas Buddha Kantor Kemenag Kab. Magelang, Saring, dan Penyuluh Non PNS Kab. Magelang mengadakan kegiatan Safari Dhamma dalam rangka Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD) menyambut hari raya Tri Suci Waisak 2566 B.E tahun 2022.  Hal tersebut disampaikan Saring di Ruang Penyelenggara Buddha, Kamis, (12/05/2022).

Saring menyampaikan Safari Dhamma berlangsung dalam tiga kali kegiatan yaitu pada tanggal 25 April 2022 di Vihara Trinarmada Grabag, tanggal 27 April 2022 di tempat ibadat Tri Dharma (TITD) Hok An Kiong Muntilan, dan tanggal 10 Mei 2022 di Cetiya Padmasuci Mertoyudan.

“Kegiatan Safari Dhamma merupakan kegiatan puja bakti keliling di setiap tempat ibadah yang ada diselenggarakan tiga kali dalam tahun ini. Safari Dhamma merupakan program baru yang akan diselenggarakan secara rutin untuk tahun-tahun kedepan. Tujuannya untuk mengenal tata cara ritual di setiap tempat ibadah, menambah keyakinan terhadap Buddha Dhamma, dan tentunya untuk memeriahkan Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD) Waisak di Tahun 2022,” kata Saring.

Saring menyampaikan, Sebulan Pendalaman Dhamma ini bertujuan untuk mengingat, mempelajari kembali apa yang diajarkan oleh Sang Buddha Gautama serta menjalankan atthasila dengan mempraktikkan 8 sila, sehingga kegiatan Safari Dhamma merupakan agenda yang baik untuk terus mengembangkan Buddha Dhamma di Indonesia.

Rangkaian acara dalam Pendalaman Damma adalah dengan pembacaan paritta, sutta, dan mantra sesuai dengan tradisi masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan meditasi dan penyampaian informasi, pembinaan dan penguatan moderasi beragama dari Penyelenggara Buddha Kabupaten Magelang.

“Melalui penguatan moderasi beragama, kita ingin umat Buddha di Kabupaten Magelang berkomitmen tinggi dalam menjaga harmonisasi kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Magelang,” kata Saring.(novi-m45k/Sua)

Umat Buddha melaksanakan Pendalaman Dhamma di Cetiya Padmasuci Mertoyudan.