Kakankemenag : Budaya Saling Memaafkan Sebuah Refleksi Persaudaraan

Kota Pekalongan – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M pada beberapa waktu lalu, Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan melaksanakan kunjungan silaturtahmi Halal Bi Halal ke Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan, Selasa (10/05/2022).

Dalam sambutannya H. Kasiman Mahmud Desky selaku Kepala Kakankemenag Kota Pekalongan mengatakan bahwa, bagi Umat Islam Idul Fitri bukan sekedar perayaan ritual keagamaan semata, Idul Fitri bermakna Fitra yang berarti kembali kepada kesucian atau kembali ke asal kejadian.

“Dalam bulan syawal ini selalu diwarnai dengan budaya saling memaafkan yang sering disebut dengan Halal Bi Halal, ini adalah sebuah refleksi yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan dan saling memberi kasih sayang,” ucap Kakankemenag.

Ikut serta hadir mendampingi Kakankemenag pada acara tersebut para jajaran pimpinan Kankemenag Kota Pekalongan mulai dari Kasubbag TU, Kasi serta Penyelenggara.

Pada kesempatan yang sama Walikota Pekalongan H. A. Afzan Arslan Djunaid, S.E menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan silaturahmi dari para pimpinan Kankemenag Kota Pekalongan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, kegiatan bermakna seperti ini harus terus dilakukan pada setiap event keagamaan untuk terus memupuk hubungan persaudaraan dan toleransi di Kota Pekalongan.

“Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1443 H, Minal ‘aaidiin wal faaiziin, taqobbalallahu minna wa minkum shiyaamanaa wa shiyaamakum, Mohon Maaf Lahir Dan Batin, “ ujarnya.

“Marilah dengan semangat Idul Fitri kita bergandengan tangan membangun daerah kita demi terwujudnya Kota pekalongan yang semakin maju dan berkembang,” ucap H. A. Afzan Arslan Djunaid dalam mengakhiri sambutannya. (Ant/ Qy/bd)