Kota Semarang Akan Berangkatkan 908 Jamaah Haji

Semarang, Selasa (24/5/2022) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menggelar bimbingan manasik haji I tingkat Kota Semarang yang diperuntukkan bagi calon jamaah haji (calhaj) Kota Semarang tahun 1443 H/2022 M.

Kegiatan digelar di Masjid Islamic Centre Semarang, dan diikuti oleh 908 calhaj dari Kota Semarang.

Dalam gelaran tersebut, Mawardi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kankemenag Kota Semarang dalam laporannya menyampaikan, kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kota Semarang akan dilaksanakan 2 kali. “Bimbingan manasik kedua insya Allah akan kami laksanakan pada 1 Juni mendatang di UIN (Universitas Islam Negeri) Walisongo,” tuturnya.

Ia menuturkan kegiatan tersebut bersumber dari anggaran pengelolaan pemberangkatan jamaah haji tahun 1443 H/2022 M.

Lebih lanjut ia menerangkan, pemberangkatan haji I pada 3 Juli 2022. “Untuk calhaj dari Kota Semarang, kami masih menunggu informasi selanjutnya, termasuk jadwal foto,” ujarnya.

Secara detail Mawardi menerangkan rincian jumlah jamaah haji Kota Semarang. “Berdasarkan kuota jamaah haji dari Kota Semarang, ada 901 jamaah yang berhak berangkat tahun ini, namun 19 jamaah mengundurkan diri, salah satunya karena alasan penundaan guna berangkat bersama mahromnya. Selain itu ada 27 jamaah cadangan yaitu calhaj pada urutan selanjutnya, yang berhak melakukan pelunasan tahun ini. Sehingga total jamaah yang berhak berangkat tahun ini sebanyak 908,” terangnya.

Dalam bimbingan manasik haji tersebut Kepala Kankemenag Kota Semarang bertindak selaku narasumber dengan materi Kebijakan Pemerintah dalam Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 1443 H/2022 M, dan Maksum praktisi pelaksanaan haji dan umroh menyampaikan materi tentang alur perjalanan ibadah haji.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh perwakilan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Semarang, Ketua Takmir Islamic Centre Semarang, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Semarang dan Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) se-Kota Semarang.(Dintha/NBA/bd)