MTs N 2 Banjarnegara Kenalkan Olahraga Kardio terhadap Peserta Didik

Banjarnegara – Kesehatan merupakan suatu kondisi tubuh maupun jiwa dalam keadaan yang produktif baik fisik, mental, sosial maupun ekonomi. Kesehatan dalam tubuh merupakan suatu kondisi penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara menjaga kesehatan tubuh banyak sekali macamnya mulai dari makan makanan yang sehat, hindari junk food, minum air putih, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya. Selain itu memelihara tubuh dapat dilakukan dengan olahraga untuk kesehatan.

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dengan meregangkan otot-otot tubuh. Olahraga banyak digemari bukan hanya sebagai aktivitas fisik saja tetapi juga sebagai sarana bersenang-senang baik individu maupun tim.

Olahraga Kardio atau Kardiovaskular adalah serangkaian aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Sehingga selama berolahraga Kardio, organ pernapasan akan dilatih untuk bernapas lebih cepat dan dalam.

Jumat, (13/5) di lapangan sepak bola MTs Negeri 2 Banjarnegara pada jam mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VII I mengenal olahraga Kardio. Materi ini dikenalkan oleh Ahmad Rizqi Al Majid yang merupakan salah satu guru PJOK pada madrasah tersebut.

“Pada pertemuan kali ini, saya kenalkan olahraga Kardio terhadap anak-anak kelas VII I. Menurut saya olahraga ini sangat baik bagi mereka. Olahraga Kardio sangat memengaruhi kesehatan organ jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Selain itu, aktivitas ini juga memiliki manfaat lain bagi kebugaran tubuh diantaranya membantu menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh,  mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, membantu meningkatkan suasana hati dengan mengurangi efek stres, dan masih banyak lagi.” jelas Ahmad Rizqi Al Majid setelah selesai menyampaikan materi.

Peserta didik kelas VII I mengaku sangat menikmati dalam melakukan olahraga Kardio. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta didik kelas VII I.

“Saya sangat menikmati olahraga Kardio ini. Bagi saya olahraga ini tergolong baru bagi saya. Walaupun cuaca cukup terik dan cukup melelahkan. Tapi saya sangat senang. Mudah-mudahan olahraga ini dapat menyehatkan dan mengurangi berat badan saya yang cukup besar ini.” pungkas Dhona saat ditemui setelah selesai melaksanakan olahraga. (sn/swp/rf)