Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Mampu Bangkitkan Rasa Nasionalisme

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Rabu (18/5/2022) Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) Madrasah 1 Ibtidaiyah (MI) Kota Semarang gelar rapat rutin bulanan. Kegiatan berlangsung di MI Al Hikmah Kecamatan Genuk, yang diikuti oleh 40 Kepala MI yang tersebar di Kota Semarang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dengan tujuan membangkitkan rasa nasionalisme dan juga menjadi motivator dalam pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari.

Romsiyah salah satu peserta kegiatan yang didapuk menjadi dirigen pada kegiatan tersebut mengungkapkan pentingnya membangkitkan rasa nasionalisme bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI). “Setiap kegiatan utamanya pada dunia pendidikan, sebaiknya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hal ini untuk menggelorakan rasa nasionalisme, dan empati atas perjuangan para pendahulu bangsa dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan,” ujarnya.

Peserta kegiatan menyanyikannya dengan bersungguh-sungguh dan penuh khidmat, serta bergema di ruang rapat madrasah setempat, sehingga ikut menggetarkan jiwa yang mendengarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nadzib Ketua KKM 1 MI Kota Semarang, ia mengatakan selalu mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Kami, disetiap kegiatan selalu mengajak hadirin untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan menjadi penyemangat dalam menjalankan tanggung jawab dan tugas kami selaku Kepala Madrasah.(SAW/NBAbd)