Pembinaan MTQ/STQ Kabupaten Magelang, Pola Hidup Sehat Ala Qori

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Pola hidup berpengaruh pada suara yang akan dihasilkan seorang qari. Pentingnya menjaga dan mengatur pola hidup disampaikan dalam pembukaan kegiatan Pembinaan Musabaqoh Tilawatil Quran/ Seleksi Tilawatil Quran (MTQ / STQ) tingkat kabupaten Magelang yang diselenggarakan oleh Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang pada hari Selasa, (17/05/2022) di Masjid An Nur Kabupaten Magelang. Peserta pembinaan 48 qori yang merupakan juara 1,2 dan 3 dari tiap-tiap kawedanan.

Hadir dan memberikan sambutan pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Panut, Kabag Kesra Setda Pemerintah Kabupaten Magelang, Budi Daryanto, dan Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Magelang, Ahmad Musa.

Kakan Kemenag menyampaikan terkait dengan persiapan calon delegasi kabupaten yang akan dikirim ke tingkat propinsi. “Anak-anak harus mempersiapkan diri dan belajar dengan baik, yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan dan menerapkan pola hidup sehat ala qori untuk menjaga kualitas suara,” kata Panut.

Perilaku hidup sehat sangat penting diberlakukan para qori dalam mempertahankan kualitas suara mengingat usia para qori rata-rata pada usia pubertas dimana terjadi banyak perubahan, begitu juga perubahan suara. “Pola hidup sehat ala qori bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup. Hindari jajanan-jajanan yang tidak sehat,” jelas Kakankemenag.

Panut berharap peserta Pembinaan MTQ/STQ tingkat kabupaten Magelang mengikuti pembinaan dan pendampingan dengan maksimal. “Karya anak-anak ditunggu untuk menjadi juara,” harapnya.

Kabag Kesra juga menyampaikan hal senada agar peserta yang akan dikirim ke tingkat propinsi mengikutinya dengan baik sehingga akan menghasilkan prestasi terbaik. “Mohon untuk diberikan trik dan tips pada peserta pembinaan sehingga bisa meningkatkan kualitas performance peserta,” Budi Daryanto.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis piala dan hadiah bagi pemenang dari 8 kejuaraan putra dan putri. Setelah penyerahan piala dan hadiah dilanjutkan dengan pembinaan dan pendampingan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah kepada kader-kader MTQ Kabupaten Magelang.(FS/Sua)