Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Begini Ucapan Para Siswa Madtsansa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei. Kendati demikian, Jumat, (20/5/22) para siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara sangat antusias dan penuh semangat memberikan ucapan-ucapan keren yang bisa dijadikan inspirasi untuk meramaikan momen Harkitnas.

Tahun 2022 ini Hari Kebangkitan Nasional ke -114 digelar dengan mengusung tema ‘Ayo Bangkit Bersama’. Banyak cara yang bisa dilakukan siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara untuk mengenang jasa pahlawan sekaligus membakar semangat nasionalisme. Seperti dengan membagikan ucapan bertema Hari Kebangkitan Nasional.

Menilik dari sejarah, Hari Kebangkitan Nasional ini ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada 1908 oleh sembilan pelajar STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) atau Sekolah Dokter Jawa.

Hal itu dibenarkan secara langsung oleh Maghfiroh selaku guru sejarah di MTs N 1 Banjarnegara.  Menurutnya, Organisasi yang dipelopori para pemuda ini bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.

“Organisasi Boedi Oetomo yang dibangun oleh para pemuda ini tentunya menjadi wadah perjuangan untuk membebaskan masyarakat dari kesengsaraan sekaligus cikal bakal gerakan menuju kemerdekaan Indonesia.” terang Maghfiroh.

Dalam memperingati hari kebangkitan nasional tersebut, Jasmine Zhafira selaku anggota Organisasi Siswa Intra Madrasah di MTs N 1 Banjarnegara memberikan semangat khususnya para siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara.

“Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Sejatinya bangkit adalah perjuangan bersama-sama untuk membawa Indonesia yang lebih maju. Mari, bersama-sama bangkit dan berkarya.” tandasnya.

Menurutnya sebagai generasi muda, sangatlah perlu untuk mengeksplor passion yang dimilikinya yaitu dengan cara turut aktif mengikuti kegiatan di MTs N 1 Banjarnegara. 

Jasmine merasa malu jika dirinya tidak mengikuti kegiatan yang sudah disediakan di lingkup madrasah. Sebab, menilik dari sejarah, perjuangan para pemuda/pemudi terdahulu jauh lebih semangat di tengah fasilitas yang masih kurang mumpuni, seperti akses digital.

Menengok zaman yang sudah semakin maju, tentunya sangat disayangkan ketika peran pemuda khususnya generasi Z masih saja terpaku diam tanpa mengekspresikan hasil pemikirannya. Di Hari Kebangkitan Nasional ini, tentunya siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara turut aktif tergerak untuk menjadi generasi muda yang selalu tangguh untuk mengharumkan nama Indonesia. (ran/ak/rf)