Persiapkan KSM Mapel IPA, Siswa Mimau Adakan Latihan Soal

Banjarnegara- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mata pelajaran yang di lombakan pada KSM tingkat Kabupaten/Kota ada 6 mapel untuk Jenjang MA, 3 mapel untuk jenjang MTs dan 2 mapel pada Jenjang MI. Mata pelajaran KSM meliputi Matematika IPA, IPS, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi yang semua mapel itu terintegrasi dengan konteks nilai-nilai Islam.

Selain itu, tujuan lain dari KSM ini adalah menjadikan salah satu alat ukur prestasi siswa dan evaluasi kinerja guru dalam mendidik dan mengembangkan potensi atau kemampuan siswa baik secara akademik maupun non akademik.

Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) akan dilaksanakan pada Sabtu (14/05/2022). Dari MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (MIMAU) telah memilih 3 peserta KSM diantaranya 1 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Untuk mata pelajaran Sains (IPA) yang terpilih menjadi peserta adalah Zivanna Aqila, salah seorang siswa kelas V (Lima).

“Saya senang sekali ketika belajar untuk persiapan lomba tidak harus membaca, dengan latihan seperti ini saya bisa memanfaatkan bertanya kepada guru,” ungkap Zivanna Aqila salah seorang siswa kelas V (lima) pada Rabu,(11/5)

Upaya persiapan yang dilakukan salah satunya memberikan materi pembelajaran IPA dengan bab-bab yang akan dilombakan kemudian anak berlatih mengerjakan soal-soal yang telah disediakan. Dengan ini, siswa dapat lebih percaya diri ketika mengerjakan soal karena sudah pernah dilatih untuk menjawab pertanyaan dan membaca materinya.

“Saya harapkan dengan memberikan anak latihan soal seperti ini, anak bisa lebih fokus dan lebih siap lagi dalam melaksanakan Kompetisi Sains Madrasah besok”, pungkas Utari guru kelas V (ua/ak/rf)