PHU Kankemenag Wonosobo Beberkan Jadwal Pemberangkatan Jemaah Ibadah Haji

Wonosobo – Ditengah-tengah pelaksanaan Manasik Ibadah Haji yang tengah gencar dikebut lantaran waktu keberangkatan yang mepet, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Kab. Wonosobo, Dwi Subrata, beberkan bahwa jadwal pemberangkatan calon jemaah Haji asal kabupaten Wonosobo sudah ditetapkan.

Menurut keterangannya, Jemaah calon Haji asal Wonosobo akan diberangatkan pada tanggal 29 Juni mendatang, “Insyallah sesuai jadwal pemberangkatan pada tanggal 29 Juni 2022 dari Kabupaten Wonosobo menuju Asrama Haji di Solo, kemudian tanggal 30 Juni 2022 Jemaah akan berangkat menuju Bandara Jeddah melalui bandara embarkasi Solo,” kata Dwi Subrata.

Lebih rinci ia sebutkan, pemberangkatan calon Haji Asal Wonosobo akan dibagi menjadi dua kloter dengan jadwal pemberangkatan kloter pertama yakni tanggal 29 Juni 2022 pukul 08.00 wib dari Kabupaten Wonosobo menuju Solo, kemudian tanggal 30 Juni 2022 pukul 12.45 WIB terbang menuju bandara Jeddah.

“Dibagi menjadi dua kloter tanggal pemberangkatan sama hanya beda jam pemberangkatannya. Untuk kloter kedua pemberangkatan dari Wonosobo menuju Solo tanggal 29 Juni 2022 pukul 11. 00 wib, selanjutnya hari berikutnya tanggal 30 Juni 2022 baru diberangkatkan ke Jeddah pukul 19.50 wib,” imbuh Dwi.

Adapun jumlah jamaah calon haji asal Wonosobo yang berangkat yakni sejumlah 352 Jemaah. Sesuai ketentuan dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi seluruh jemaah yang berangkat berusia dibawah enam puluh lima tahun. Selanjutnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, usai rangkaian ibadah selesai keseluruhan jemaah akan dipulangkan ke Indonesia pada  tanggal 10 Agustus 2022 dan diperkirakan akan sampai di Indonesia pada tanggal 11 Agustus 2022.

Mengetahui jadwal kepastian pemberangkatan Ibadah Haji tersebut, Ahmad Farid, selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo berpesan agar seluruh jemaah menjaga kesehatan sehingga pada saat pemberangkatan seluruh jamaah dalam keadaan sehat dan baik.

“Alhamdulillah setelah dua tahun tidak ada pemberangkatan ibadah haji lantaran pandemi, tahun ini meskipun dengan kuota terbatas akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbolehkan untuk pelaksanaan ibadah haji. Saya harap seluruh jemaah bisa menjaga kesehatan agar kondisi tetap fit sampai pemberangkatan dan melakukan ibadah haji di tanah suci,” tandas Farid.(ps-ws/Sua)