Rakor Panitia Manasik Haji I Tingkat Kota Semarang

Semarang, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang gelar rapat koordinasi (rakor) panitia kegiatan manasik haji I tingkat Kota Semarang, Senin (23/5/2022).

Rakor yang digelar di aula gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) tersebut dihadiri pula oleh perwakilan dari pengelola gedung asrama haji Islamic Centre Jawa Tengah.

Mawardi selaku Kasi PHU Kankemenag Kota Semarang menuturkan, kegiatan manasik haji I tingkat Kota Semarang akan dilaksanakan pada Selasa (23/5/2022). “Kegiatam manasik I dilaksanakan di Masjid Islamic Centre, dan yang digunakan adalah ruang lantai 2. Direncanakan akan dipasang beberapa layar LCD proyektor baik pada sayap kiri maupun kanan, sehingga sharing slide akan bisa terbaca oleh jamaah dari seluruh penjuru,” terangnya.

Dalam rapat kali ini, ia meminta pendapat dan masukan dari masing-masing bidang mulai dari susunan acara, penataan duduk jamaah, peletakan podium dan hal-hal teknis lainnya. “Besok kita setting lesehan, saya yakin jamaah akan lebih nyaman karena terkesan tidak terlalu formil. Apalagi lokasi di lantai 2 memungkinkan hembusan angin sepoi-sepoi memasuki serambi masjid sehingga menambah kesejukan ruangan,” ujarnya.

Ia menerangkan, kapasitas lantai 2 masjid bisa menampung jamaah lebih dari 1000, sedangkan jamaah yang ikut dalam kegiatan manasik haji sebanyak 908 jamaah.

Ia juga mengimbau agar panitia bisa hadir lebih awal. “Selain jamaah haji, tamu yang kami undang ada Kabag Kesra (Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat), Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia), Ketua KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) se-Kota Semarang, dan Ketua Takmir Masjid Islamic Centre. Undangan kami buat pukul 8, jadi kami mohon panitia bisa hadir 1 jam sebelumnya,” imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) memberikan pengarahan kepada panitia, yang menitipkan pesan agar bekerja dengan ikhlas dan totalitas, karena menurutnya sukses gelaran manasik haji bukanlah kesuksesan Seksi PHU semata akan tetapi merupakan kesuksesan bersama seluruh unsur yang ada di Kankemenag Kota Semarang.(NBA/bd)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist